Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch Series 9 Meluncur, Punya Fitur Mirip Headset AR Vision Pro

Kompas.com - 13/09/2023, 07:50 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan smartwatch terbarunya, Apple Watch Series 9. Arloji pintar ini meluncur bersamaan dengan iPhone 15 series di acara Apple Event bertajuk "Wanderlust", yang digelar Rabu (13/9/2023) dini hari waktu Indonesia.

Salah satu fitur baru yang dibawa adalah "Double Tap" (ketuk dua kali). Fitur ini mirip dengan yang disematkan Apple di headset AR Vision Pro.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetukkan ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan, seolah-olah sedang melakukan klik pada mouse, untuk mengaktifkan mode interaksi tanpa menyentuh layar perangkat secara langsung.

Dengan Double Tap, pengguna bisa mengakhiri panggilan, menghentikan timer, menunda alarm, menjeda pemutaran musik, membuka Smart Track, dan masih banyak perintah lain, tanpa perlu menyentuh layar smartwatch.

Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendeteksi perubahan kecil pada gerakan dan aliran darah yang dilakukan oleh sensor akselerometer dan oksigen darah.

Fitur Double Tap di Apple Watch Series 9, memudahkan interaksi tanpa perlu menyentuh layar smartwatch.Apple Fitur Double Tap di Apple Watch Series 9, memudahkan interaksi tanpa perlu menyentuh layar smartwatch.

Peningkatan lain yang dibawa Apple Watch Series 9 adalah chip S9 yang kini didukung system in package (SiP) dengan 60 persen transistor lebih banyak dibanding chip S8.

Performa GPU chip S9 diklaim lebih ngebut dibanding pendahulunya. Chip ini juga dibekali empat inti NPU.

Apple Watch 9 Series juga didukung asisten virtual Siri yang bisa merespons permintaan secara langsung, cepat, dan aman, berkat dukungan SiP di chip S9 tadi. Siri juga bisa mengakses data kesehatan untuk pertama kalinya.

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island

Dictaction atau perintah suara di Watch Series 9 juga diklaim 25 persen lebih akurat dibanding Watch Seri 8. Apple mengeklaim Watch Series 9 memiliki daya tahan baterai selama 18 jam sepanjang hari.

Fitur baru lain yang dibawa adalah Precision Finding alias pencarian yang lebih presisi untuk iPhone. Hal itu dimungkinkan berkat dukungan Ultra Wideband, teknologi yang sama seperti di AirTag. Fitur ini juga terintegrasi dengan HomePod.

Jadi, ketika pengguna berada di jarak empat meter dari HomePod yang sedang memutar audio, Apple Watch Series 9 akan memunculkan "Now Playing"" untuk mengontrolnya.

Apabila sedang tidak ada audio yang diputar di HomePod, maka akan muncul saran media di bagian atas Smart Track.

Baca juga: iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Resmi, Debut USB-C, Bodi Titanium, dan Action Button

Desain

Apple Watch Series 9 kini dibekali layar Retina dengan fitur Always on Display yang selalu aktif dan lebih terang. Tingkat kecerahannya kini bisa mencapai 200 nits, dua kali lebih terang dibanding Apple Watch Series 8.

Kecerahannya juga dapat dikurangi hingga hanya 1 nits saja. Kemampuan ini berguna apabila pengguna sedang berada di bioskop, misalnya. Apple Watch Series 9 hadir dalam ukuran 41 mm dan 45 mm.

Apple mengatakan, Watch Series 9 dibuat dengan lebih banyak material daur ulang dan memiliki kotak kemasan yang lebih kecil serta ramah lingkungan.

Apple Watch Series 9 versi alumunium, hadir dalam opsi warna pink, Starlight, Silver, Midnight, dan PRODUCT (RED). Sementara Watch Series 9 versi stainless, tersedia dalam warna Silver, Gold, dan Graphite.

Apple Watch Series 9 dijual dengan harga mulai 399 dollar AS atau sekitar Rp 6,1 juta. Arloji pintar ini sudah mulai bisa dipesan dan akan mulai dijual pada 22 September mendatang di sejumlah negara, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena (13/9/2023).

Baca juga: Apple Watch Ultra 2 Resmi, Punya Layar Super Terang dan Double Tap Berkat Chip S9

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com