Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Produk yang Diumumkan Apple Semalam, iPhone 15 Bintang Utama

Kompas.com - 13/09/2023, 19:09 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple menggelar acara khusus tahunan yang berlangsung pada 12 September 2023 atau 13 September dini hari waktu Indonesia.

Dalam acara itu, Apple meluncurkan sejumlah gadget baru, termasuk iPhone 15 series sebagai bintang utama. Selain iPhone 15, Apple juga menghadirkan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2.

Secara total ada enam produk yang dirilis Apple, empat model iPhone 15 dan dua arloji pintar. Semua produk itu membawa keunggulan masing-masing. iPhone 15 misalnya, membawa peningkatan pada aspek performa, kamera, USB-C hingga debut Dynamic Island.

Adapun arloji pintar baru Apple menawarkan mekanisme pengoperasian baru yang unik, dengan cara mengetuk jari dua kali. Berikut rincian lengkapnya.

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

iPhone 15 series menjadi produk utama yang diumumkan Apple di Apple Event 2023. Ponsel generasi baru Apple ini hadir dalam empat model, meliputi iPhone 15 "reguler", iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

iPhone 15 "reguler" dan iPhone 15 Plus mendapat sejumlah fitur baru, seperti resolusi kamera lebih tinggi, konektor USB-C yang menggantikan port Lightning di model-model iPhone sebelumnya, serta hadirnya Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di iPhone model atas.

Perbedaan antara iPhone 15 dan iPhone 15 terletak di ukuran layar Super Retina XDR OLED di kedua perangkat, yakni 6,1 inci untuk iPhone 15 dan 6,7 inci untuk iPhone 15 Plus. Versi Plus juga memiliki baterai lebih besar, meski seperti biasa, Apple tak merinci kapasitasnya.

Pada aspek hadrware, kedua model iPhone 15 ini ditenagai oleh chip A16 Bionic. Ini merupakan chip yang dipakai di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max tahun lalu.

Baca juga: Ini Harga iPhone 15 Series di Singapura, Bisa Dibeli mulai 22 September

iPhone 15 Plus (kiri) dan iPhone 15 reguler (kanan).Apple iPhone 15 Plus (kiri) dan iPhone 15 reguler (kanan).

Pada sektor kamera, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus dibekali kamera utama 48 MP, empat kali lebih tinggi dibanding pendahulunya. Kamera utama itu ditemani kamera ultra wide 12 MP.

Yang menarik, kedua ponsel ini juga dilengkapi dukungan Dynamic Island, yaitu cut-out berbentuk kapsul di sisi atas layar yang fungsinya bisa berubah-ubah sesuai aplikasi. Fitur itu kini ikut hadir di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, bukan lagi hanya untuk model Pro saja.

Dynamic Island di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus sekaligus memuat kamera depan beresolusi 14 MP dan sensor biometrik untuk menjalankan fungsi keamanan FaceID.

Spesifikasi lengkap dan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bisa Anda simak pada artikel "iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island".

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

Kedua ponsel ini merupakan penerus dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang meluncur tahun lalu. Sebagai generasi penerus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tentunya dibekali dengan pembaruan, salah satunya adalah rangka bodi yang kini mengadopsi material titanium. Pada iPhone sebelumnya, rangka bodi menggunakan material stainless steel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com