Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Final Fantasy VII Rebirth" Rilis 29 Februari 2024, Bisa Dipesan Sekarang

Kompas.com - 15/09/2023, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer dan publisher game asal Jepang, Square Enix mengumumkan tanggal perilisan untuk permainan Japanese Role-Playing Game (JRPG) "Final Fantasy VII Rebirth".

"Final Fantasy VII Rebirth" dipastikan meluncur pada 29 Februari 2024 secara eksklusif di konsol PlayStation 5 (PS5). Eksklusivitas ini berlangsung setidaknya hingga 29 Mei 2024.

Adapun permainan ini merupakan game kedua dari trilogi pembuatan ulang (remake) seri "Final Fantasy VII", yang pertama kali meluncur di PlayStation (PS) pada 1997.

Dari segi cerita, sekuel "Final Fantasy VII Remake Intergrade" ini mengisahkan petualangan Cloud, Barret, Tifa, Aerith, dan Red XIII setelah meninggalkan kota Midgar.

Baca juga: Final Fantasy 14 Hadir di Xbox Setelah 10 Tahun Eksklusif di PlayStation

Cloud dan rekannya akan menelusuri dunia "The Planet", untuk mencegah perusahaan Shinra yang ingin mengeksploitasi sumber daya di dunia tersebut.

Tak hanya itu, Cloud juga berusaha mencari keberadaan mantan prajurit elit dari Shinra, Sephiroth, yang ingin bersatu dengan "The Planet" untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar.

Untuk gameplay, "Final Fantasy VII Rebirth" masih mengusung mekanisme pertarungan (combat) dari prekuelnya.

Final Fantasy VII RebirthPlayStation Blog Final Fantasy VII Rebirth
Pemain bisa melakukan serangan beruntun ala game hack and slash.

Pada saat yang bersamaan, pengguna dapat membuka "Command Menu" layaknya game berbasis giliran (turn-based), untuk memilih kemampuan (ability), item, atau sihir (spells) ketika sedang bertarung.

Bedanya, pemain kini juga bisa mengontrol karakter Red XIII dan Cait Sith dalam combat. Bahkan, gamers dapat mengontrol Sephiroth, yang semestinya merupakan musuh bebuyutan Cloud.

Baca juga: Final Fantasy XVI Tak Lagi Eksklusif PS5

Sistem combat pun dibekali mekanisme terbaru bertajuk "Synergy Abilities".

Mekanisme ini memungkinkan pemain untuk melakukan serangan sinergi atau kombo antara karakter yang digunakan. Contohnya, Aerith dan Cait Sith dapat melakukan serangan sinergi "Kitty Cannonade" berupa sinar (beam) pink panjang yang menyakitkan.

Nah, kemampuan sinergi ini bisa dibuka lewat skill tree. Dengan skill tree, pengguna diberikan kebebasan untuk kustomisasi kemampuan anggota tim, sehingga tim pemain satu dengan pemain lainnya bisa berbeda jauh.

Perbedaan selanjutnya, "Final Fantasy VII Rebirth" mengusung format dunia terbuka (open-world), ketimbang prekuelnya yang cenderung linear.

Oleh karena itu, game JRPG ini menghadirkan sejumlah moda transportasi, seperti mobil buggy, burung "Mountain Chocobo" untuk menjelajahi gunung, burung "Sky Chocobo" untuk menelusuri angkasa, dan bahkan kendaraan segway "Wheelie" untuk mengelilingi kota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com