Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 118 Emoji Baru di Emoji 15.1, dari Kepala Bergeleng hingga Phoenix

Kompas.com - 19/09/2023, 11:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Emojipedia memperkenalkan deretan emoji baru untuk versi Emoji 15.1. Ada sebanyak 118 emoji yang akan dirilis dalam waktu dekat.

“Draf daftar rekomendasi emoji terbaru dari Emoji 15.1 sudah disetujui secara resmi oleh Unicode Consortium. Artinya, 118 emoji baru bakal hadir di perangkat sekitar tahun depan,” tulis Emojipedia di blog resminya.

Emojipedia mengungkapkan akan ada enam konsep emoji baru, empat kombinasi anggota keluarga, dan 108 emoji yang diperbarui dari emoji sebelumnya. Totalnya adalah 118 emoji baru.

Tampilan emoji baru yang akan diluncurkan Emojipedia di versi Emoji 15.1Emojipedia Tampilan emoji baru yang akan diluncurkan Emojipedia di versi Emoji 15.1
Enam konsep emoji tersebut terdiri dari emoji kepala yang menggeleng ke samping (kiri-kanan) dengan mata yang tertutup.

Kemudian ada pula emoji "mengangguk" burung Phoenix, jeruk nipis, jamur cokelat, dan rantai terputus.

Adapun konsep kombinasi anggota keluarga terdiri dari emoji kotak berwarna abu yang terdiri dari jumlah keluarga yang berbeda-beda.

Pertama, keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan satu anak. Kedua, ayah/ibu tunggal dengan dua anak. Ketiga, ayah/ibu tunggal dengan satu anak. Keempat, ayah, ibu, dan dua anak.

Pembaruan emoji di Emoji 15.1 yang sudah ada di versi sebelumnyaEmojipedia Pembaruan emoji di Emoji 15.1 yang sudah ada di versi sebelumnya
Sementara konsep emoji baru lainnya merupakan pembaruan dari emoji yang sudah ada sebelumnya.

Seperti yang Anda tahu, emoji berjalan, berlari, bersujud, dan sebagainya, kerap diilustrasikan menghadap ke arah kiri. Kini, di versi terbaru, emoji tersebut akan diilustrasikan berjalan/berlari ke arah kanan.

Baca juga: Ramai Emoji Kitchen di Google Search, Begini Cara Buatnya

Emojipedia juga mengungkapkan dukungan emoji baru di atas akan terdiri dari perbedaan gender dan opsi warna kulit yang berbeda.

“Setiap emoji dengan arah (berjalan/berlari/bersujud) yang spesifik juga mendukung perbedaan gender dan warna kulit yang berbeda-beda, sehingga total dari desain emoji baru ini terdiri dari 108 buah di Emoji 15.1,” ungkap Emojipedia.

Kemungkinan pengguna mulai bisa menjajal deretan emoji baru ini paling cepat adalah akhir 2023. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/9/2023), biasanya butuh waktu beberapa bulan dari peluncuran agar deretan emoji baru ini bisa tersedia di perangkat atau aplikasi pengguna.

Sebagai contoh Emoji 15.0 yang dirilis pertengahan 2022 lalu. Google baru mulai mengadopsi pembaruan emoji untuk platform Chrome OS, Gmail, dan YouTube menjelang akhir 2022. Untuk smartphone, Emoji 15.0 bahkan baru hadir pada Maret 2023, bersamaan dengan peluncuran Android 13 versi beta.

Kemudian, Samsung mulai mengadopsi beberapa pembaruan Emoji 15.0 pada Oktober 2022 saat menggelontorkan antarmuka OneUI 5.0. Terakhir, Apple mulai menggelontorkan pembaruan emoji pada 27 Maret 2023 di versi iOS 16.4 yang baru.

Apabila perusahaan-perusahaan di atas tetap mempertahankan jadwal peluncuran yang sama, Emoji 15.1 kemungkinan besar baru akan hadir sekitar pertengahan 2024. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com