Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Metaverse Horizon Worlds Kini Bisa Diakses dari Web dan Smartphone

Kompas.com - 20/09/2023, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta (induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram) menghadirkan pengalaman dunia virtual (metaverse) atau disebut Horizon Worlds ke lebih banyak platform. Sekarang, Horizon Worlds bisa diakses dari website serta perangkat mobile seperti smartphone.

Semula, Horizon Worlds tersedia eksklusif untuk headset Virtual Reality (VR) Meta saja, yaitu Quest.

Perluasan dukungan Horizon Worlds ke web dan mobile itu diumumkan langsung oleh Meta melalui situs resmi perusahaan. Nah, dengan meluasnya dukungan Horizon Wolrds, pengguna kini bisa memainkan game metaverse dari situs web maupun smartphone. Untuk saat ini, hanya game Super Rumble yang bisa dipakai untuk menjajal dunia virtual Meta.

Untuk saat ini, dukungan Horizon Worlds ke web dan mobile baru dalam tahap awal. Jadi, hanya sejumlah pengguna yang bisa mencobanya.

Baca juga: Meski Bikin Rugi Induk Facebook, Proyek Metaverse Tetap Lanjut 2023

Untuk tahap awal, metaverse Meta itu diluncurkan ke platform web melalui tautan horizon.meta.com dan aplikasi Meta Quest di Android. Ke depannya Meta mengatakan akan memperluas dukungan ke platform iOS dalam beberapa pekan mendatang.

"Sejumlah kecil pengguna kini bisa mengakses Super Rumble melalui aplikasi Meta Quest di Android dan iOS yang akan dirilis dalam beberapa pekan lagi," kata Meta.

"Akses awal juga tersedia di horizon.meta.com melalui browser web apa pun," lanjut keterangan itu, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (20/9/2023).

Ke depannya, Meta menjanjikan lebih banyak konten tersedia di Horizon Worlds versi web maupun mobile. Sebab, Horizon Worlds versi VR juga menyediakan bermacam konten, baik yang dibuat langsung oleh Meta maupun pengembang pihak ketiga.

Meskipun platformnya berbeda, Meta menyebutkan bahwa fitur keamanan Horizon Worlds di web dan mobile, sama seperti di Quest. Ini termasuk fitur khusus yang dibuat untuk pengguna remaja.

Selain itu, Meta juga mengeklaim pihaknya mengoptimalkan beberapa kontrol, termasuk "mute" dan "pause" guna memberikan pengalaman yang lebih lancar bagi pengguna yang mengakses metaverse-nya dari komputer maupun smartphone.

Seperti di Quest, Meta Horizon Worlds versi web dan mobile juga tersedia secara gratis untuk pengguna berusia 13 tahun ke atas. Namun ketersediaannya masih terbatas di sejumlah wilayah, meliputi Kanada, Perancis, Islandia, Irlandia, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Meta berkata akan memperluas ketersediaan metaversenya itu ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan. Pengguna yang tertarik juga sudah bisa mendaftar lebih awal melalui tautan ini, sehingga akan mendapat notifikasi ketika Horizon Worlds tersedia bagi lebih banyak orang.

Adapun dukungan Horizon Worlds ke web dan mobile menjadi upaya Meta untuk memperluas metaverse ke berbagai platform. Pasalnya, induk Facebook itu memiliki visi agar metaverse tersedia untuk semua orang, terlepas dari apa pun perangkat yang mereka pakai.

Baca juga: Tuvalu Ingin Pindahkan Negaranya ke Metaverse karena Terancam Tenggelam

Dengan hadirnya Horizon Worlds ke platform web dan mobile, Meta membuka "gerbang" baru bagi orang-orang untuk menikmati dunia virtual miliknya.

"Meski headset Quest adalah cara yang paling imersif untuk mengakses metaverse, kami yakin harus ada banyak pintu masuk. Menghadirkan Horizon Worlds ke lebih banyak area adalah langkah untuk mewujudkan visi itu dan membuka pengalaman bagi lebih banyak orang," jelas Meta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com