Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Webcam.js Error saat Swafoto SSCASN 2023

Kompas.com - 23/09/2023, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta yang ikut pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (pendaftaran CPNS dan PPPK 2023) kiranya perlu mengetahui cara mengatasi Webcam.js Error saat membuat akun.

Sebagai inforamsi, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 sudah dibuka dan peserta kini bisa mulai membuat akun pada portal SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) yang beralamatkan di https://sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: 3 Cara Kompres Foto Tanpa Aplikasi Tambahan

Dalam membuat akun SSCASN di website tersebut, terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan pengguna, termasuk mengambil foto selfie atau swafoto lewat webcam di desktop (laptop atau komputer) dan mengunggahnya langsung ke portal.

Pada proses swafoto untuk daftar SSCASN 2023 itu, salah satu kendala yang umum dijumpai adalah munculnya masalah webcam eror dengan pesan seperti ini, “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet”.

Saat pesan “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet” muncul, masalahnya adalah webcam di laptop atau komputer tidak terbuka, sehingga peserta jadi tidak bisa swafoto buat daftar akun SSCASN 2023.

Penyebab webcam eror saat daftar SSCASN 2023

Lantas, kenapa webcam eror saat daftar SSCASN 2023? Berdasarkan percobaan KompasTekno, penyebab webcam eror saat proses mengambil swafoto atau daftar SSCASN 2023 yang utama adalah website SSCASN tidak diizinkan mengakses webcam desktop.

Saat mengakses website https://sscasn.bkn.go.id dan membuka menu pembuatan akun, aplikasi browser bakal otomatis memunculkan pop up menu yang berisi pengaturan izin akses webcam pada website SSCASN itu.

Bila peserta mengabaikan pengaturan itu atau tidak mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam desktop, proses swafoto bakal tidak akan bisa dilakukan karena webcam desktop tidak terbuka.

Kemudian, saat tidak diizinkan dan hendak mengambil swafoto untuk daftar SSCASN 2023, peserta bakal menjumpai pesan “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet”, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Jika mengalami masalah Webcam.js Error juga saat daftar SSCASN 2023 seperti pada gambar di atas, peserta tak perlu panik. Lantas, bagaimana cara mengatasi Webcam.js Errror saat swafoto SSCASN 2023?

Cara mengatasi Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023

Cara mengatasi Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023 itu cukup mudah. Untuk mengatasinya, peserta tinggal memberikan izin akses webcam pada website SSCASN 2023 yang dibuka di browser komputer atau laptop.

Meski mudah, saat pesan “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet” muncul, untuk memberikan izin akses webcam pada website SSCASN, caranya mungkin sedikit berbeda di tiap browser.

Guna mengatasi webcam eror saat swafoto SSCASN 2023, adapun cara mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam desktop di browser yang umum seperti Mozilla Firefox dan Chrome adalah sebagai berikut:

1. Mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam di Mozilla Firefox

  • Pastikan menggunakan browser Mozilla Firefox terbaru.
  • Saat hendak swafoto SSCASN 2023 dan pesan “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet” muncul, klik ikon kamera yang berada di sebelah kiri kolom URL.
  • Selanjutnya, hapus opsi “Blocked Temporarily” untuk membatalkan pengaturan izin akses webcampada website SSCASN.
    Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat daftar SSCASN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat daftar SSCASN 2023.
  • Kemudian, refresh halaman website pembuatan akun SSCASN.
  • Setelah itu, bakalpop up menu yang berisi dua opsi izin akses webcam atas website SSCASN, yakni “Block” and “Allow”. Pilih “Allow” untuk mengizinkan website SSCASN mengakses webcam.
    Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam di browser Mozilla Firefox guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam di browser Mozilla Firefox guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023.

2. Mengizinkan website SSCASN untuk mengakses webcam di Chrome

  • Pastikan menggunakan browser Chrome terbaru.
  • Saat hendak swafoto SSCASN 2023 dan pesan “Webcam.js Error: Webcam is not loaded yet” muncul, klik ikon kamera yang berada di ujung kanan kolom URL.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Always allow (nama website) to access your camera” dan klik “Done”.
  • Kemudian,refresh halaman website pembuatan akun SSCASN dan website telah berhasil diizinkan untuk mengakses webcam.
    Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam di browser Chrome guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengizinkan website SSCASN mengakses webcam di browser Chrome guna mengatasi masalah Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023.

Setelah website SSCASN diizinkan mengakses webcam di browser desktop, silakan coba untuk mengambil swafoto guna membuat akun dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Cukup mudah bukan cara mengatasi Webcam.js Error saat swafoto SSCASN 2023?

Baca juga: Cara Mengganti Background Foto di HP, Mudah dan Praktis

Sebagai informasi tambahan, masalah webcam eror saat daftar SSCASN 2023 juga bisa ditimbulkan karena webcam pada dekstop itu rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com