Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RAM Oppo Reno 10 Pro Plus Bisa "Ditambah" Jadi 24 GB, Begini Caranya

Kompas.com - 25/09/2023, 17:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 10 Pro Plus dibekali dengan fitur bernama RAM Expansion. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna "menambah" kapasitas RAM yang ada di Oppo Reno 10 Pro Plus dari semula 12 GB menjadi 24 GB

RAM Expansion adalah fitur untuk mengalokasikan sebagian media penyimpanan sebagai RAM virtual untuk menyimpan aplikasi yang berjalan tapi tidak sedang digunakan, sehingga bisa lebih cepat dipanggil saat dibutuhkan. Cara kerjanya mirip virtual memory di komputer.

Sederhananya, RAM Expansion akan "meminjam" sedikit kapasitas media penyimpanan (storage) untuk dialihfungsikan sebagai RAM virtual.

Fitur ini berguna ketika pengguna ingin membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Nah, cara menggunakan fitur RAM Expansion untuk menambah RAM Oppo Reno 10 Pro Plus bisa dibilang cukup mudah, dan caranya bisa dilihat dalam langkah berikut ini:

Baca juga: Cara Screenshot HP Tanpa Tombol di Oppo A98

Cara menambah RAM Oppo Reno 10 Pro Plus.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara menambah RAM Oppo Reno 10 Pro Plus.

  • Pertama-tama, pergi ke menu pengaturan alias "Settings" ponsel. 
  • Lalu, pergi ke menu "About device". 
  • Kemudian, klik kolom spesifikasi "RAM". 
  • Selanjutnya, aktifkan opsi "RAM Expansion".
  • Setelah itu, geser slider "Expand by" ke angka "12 GB".
  • Terakhir, klik tombol "Restart now" untuk mematikan dan menyalakan (restart) ponsel kembali. 

Nah, setelah ponsel di-restart ponsel sudah menyediakan RAM tambahan sebesar 12 GB yang berasa dari storage ponsel. Sehingga secara teori, RAM ponsel akan memiliki kapasitas 24 GB.

Nantinya, RAM tambahan ini akan dipakai ketika sistem ponsel membutuhkannya, atau RAM 12 GB di dalam ponsel tak cukup untuk menunjang performa perangkat. 

Baca juga: Seharian Keliling TMII dengan Oppo A98 5G, Hasil Foto Apik dan Baterai Awet

Apabila sistem mendeteksi RAM 12 GB masih bisa menopang kinerja ponsel, maka RAM virtual 12 GB tambahan yang disiapkan tadi tak akan digunakan. 

Tertarik menjajal fitur RAM Expansion di Oppo Reno 10 Pro Plus? Ponsel ini sudah bisa dibeli di berbagai toko resmi Oppo dengan harga Rp 11 juta untuk varian RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com