Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Kompas.com - 26/09/2023, 20:40 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi 13T yang dirilis hari ini, Selasa (26/9/2023), merupakan ponsel terbaru Xiaomi yang mengunggulkan sektor fotografi. Sebab, bagian kamera ponsel ini merupakan hasil dari kerja sama antara pabrikan lensa asal Jerman, Leica, dengan Xiaomi.

Dengan teknologi Leica, Xiaomi mengeklaim ponsel ini akan memberikan pengalaman fotografi otentik dengan hasil foto ala kamera klasik Leica.

Untuk mencapai hal tersebut, foto-foto di Xiaomi 13T bisa dihasilkan melalui tiga kamera belakang yang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Foto juga bisa diambil menggunakan kamera selfie 20 MP (f/2.2) yang dimuat dalam modul punch hole yang terletak di bagian tengah atas layar.

Nah, untuk menguji kebolehan kamera Leica di Xiaomi 13T, KompasTekno membawa ponsel ini untuk jalan-jalan dan berfoto di sekitar kota Berlin, Jerman pada siang hari.

Secara garis besar, kamera Xiaomi 13T yang mengandalkan teknologi Leica bisa menghasilkan foto yang cukup tajam dengan detail warna natural yang menyerupai aslinya. 

Baca juga: Xiaomi 13T Resmi Meluncur, Ponsel Seri-T Pertama dengan Kamera Leica

Ilustrasi mode Leica Authentic dan Leica Vibrant di aplikasi kamera Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi mode Leica Authentic dan Leica Vibrant di aplikasi kamera Xiaomi 13T.
Di aplikasi kamera Xiaomi 13T sendiri, Xiaomi menyediakan dua mode pemotretan untuk seluruh jenis kamera (kecuali kamera selfie), yaitu Leica Vibrant dan Leica Authentic.

Leica Vibrant memungkinkan warna di dalam foto menjadi sedikit mencolok. Namun, tak bertabrakan dengan obyek lainnya yang memiliki warna berbeda.

Sementara itu, Leica Authentic akan memberikan tone warna klasik Leica yang warnanya tidak begitu mencolok, tidak begitu redup, namun tetap sesuai dengan aslinya.

Contoh foto Leica Authentic bisa dilihat pada gambar kamera telefoto 50 MP (f/1.9) mode pembesaran optis 2x di bawah ini.

Pada gambar ini, objek patung kuda yang ada di atas Branderburg Tor masih terlihat dengan jelas dan tampak tidak memiliki warna hijau yang mentereng, dan warna ini cenderung menyerupai aslinya.

Baca juga: Xiaomi 13T Pro Resmi, Dimensity 9200 Plus dan Cas 120 Watt Jadi Pembeda

Hasil foto kamera telefoto Leica 50 MP (f/1.9) Xiaomi 13T menggunakan mode Leica Authentic. Pada gambar ini, kuda-kuda yang ada di atas obyek wisata Branderburg Tor masih terlihat dengan jelas dan tampak tidak memiliki warna hijau yang mentereng, dan warna ini cenderung menyerupai aslinya. Sedangkan, warna tembok Branderburg Tor juga terlihat tidak begitu dipertajam, begitu juga warna langit biru yang ada di atasnya.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera telefoto Leica 50 MP (f/1.9) Xiaomi 13T menggunakan mode Leica Authentic. Pada gambar ini, kuda-kuda yang ada di atas obyek wisata Branderburg Tor masih terlihat dengan jelas dan tampak tidak memiliki warna hijau yang mentereng, dan warna ini cenderung menyerupai aslinya. Sedangkan, warna tembok Branderburg Tor juga terlihat tidak begitu dipertajam, begitu juga warna langit biru yang ada di atasnya.

Sedangkan, warna tembok Branderburg Tor juga terlihat tidak begitu dipertajam, begitu juga warna langit biru yang ada di atasnya.

Kemudian, contoh foto Leica Vibrant di Xiaomi 13T bisa dilihat pada gambar obyek wisata Holocaust Memorial yang diambil menggunakan kamera utama Leica 50 MP (f/1.9) di bawah ini.

Pada gambar tersebut, warna abu-abu pada aneka tembok di obyek wisata Holocaust Memorial ini bisa ditingkatkan, sehingga tak kalah dengan bayangan hitam yang ada di sebelahnya.

Selain itu, warna abu-abu ini juga tidak bertabrakan dengan warna hijau yang ada di kejauhan, atau warna putih pada bangunan yang ada di bagian belakang kanan.

Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T menggunakan mode Leica Vibrant. Bisa dilihat, warna abu-abu pada aneka tembok di obyek wisata Holocaust Memorial ini bisa ditingkatkan, sehingga tak kalah dengan bayangan hitam yang ada di sebelahnya. Selain itu, warna abu-abu ini juga tidak bertabrakan dengan warna hijau yang ada di kejauhan.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama Leica 50 MP (f/1.9, Sony IMX707) Xiaomi 13T menggunakan mode Leica Vibrant. Bisa dilihat, warna abu-abu pada aneka tembok di obyek wisata Holocaust Memorial ini bisa ditingkatkan, sehingga tak kalah dengan bayangan hitam yang ada di sebelahnya. Selain itu, warna abu-abu ini juga tidak bertabrakan dengan warna hijau yang ada di kejauhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com