Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ChatGPT Kini Bisa Browsing Internet secara Real-time

Kompas.com - Diperbarui 30/09/2023, 07:16 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge


KOMPAS.com - Perusahaan kecerdasan buatan (AI) OpenAI mengumumkan bahwa chatbot besutannya, ChatGPT kini dapat digunakan untuk menelusuri internet secara real-time, untuk mendapatkan informasi terbaru. Fitur ini hadir dengan nama "Browse with Bing".

Dengan begitu, informasi yang disuguhkan ChatGPT akan dilengkapi tautan sumber informasi, agar pengguna bisa langsung menelusuri (browsing) untuk memastikan sumber informasi tersebut.

Kemampuan ini membuat ChatGPT seolah mirip dengan chatbot AI buatan Microsoft, yakni Bing yang terpasang di browser Edge, dan Google Bard di browser Chrome.

Keduanya juga bisa melakukan browsing secara real-time, serta informasi yang diberikan dilengkapi pula oleh tautan sumber.

Baca juga: OpenAI Rilis Dall-E 3, AI untuk Bikin Gambar via ChatGPT

Adapun OpenAI mendemonstrasikan cara penggunaan ChatGPT terbaru dalam postingnya di media sosial X (dahulu Twitter).

Untuk saat ini, fitur browsing di ChatGPT baru tersedia untuk pelanggan berbayar ChatGPT Plus dan ChatGPT Enterprise saja. Akan tetapi, OpenAI menjanjikan fitur ini bakal tersedia untuk semua pengguna dalam waktu dekat.

Pengguna yang sudah berlangganan bisa mengaktifkan fitur penelusuran ini dengan mengakses "profile & settings" > "beta features" > aktifkan "browse with bing" > pilih "browse with bing" di bawah GPT-4.

Setelah aktif, pengguna dapat menelusuri informasi secara real-time untuk berbagai kebutuhan, misalnya merencanakan liburan, mencari rekomendasi produk, dan lain sebagainya.

Pertanyaan ini dapat dituliskan dalam kolom "send a message" yang terletak di bagian bawah halaman chatbot. Kemudian, tekan tombol yang menyerupai pesawat kertas di kanan kolom tersebut, untuk mengirim pesan.

Nah, dalam demonstrasi yang diberikan OpenAI, kueri atau instruksi yang dimasukkan adalah seputar ulasan terbaru untuk sepeda Schwinn Discover. Begitu kueri dikirim, ChatGPT akan mencari informasi terlebih dahulu, kemudian menyampaikannya ke pengguna.

Informasi yang diberikan soal ulasan sepeda tadi dilengkapi dengan tautan, sehingga pengguna bisa langsung melakukan pengecekan fakta, atau membaca ulasan tersebut secara lebih lengkap.

Pengguna dapat pula menanyakan pertanyaan lanjutan dari jawaban yang diperoleh, misalnya rekomendasi sepeda yang mirip dengan Schwinn Discover.

Pernah dirilis sebelumnya

Sebelumnya, OpenAI pernah meluncurkan fitur penelusuran real-time untuk ChatGPT di platform iOS, tepatnya pada Juni 2023 lalu. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk pelanggan paket ChatGPT Plus.

Penelusuran real-time ini pada akhirnya dihapus, setelah pengguna menemukan cara untuk mengakses situs atau artikel berbayar, tanpa berlangganan ke situs tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan meminta ChatGPT untuk memberikan teks penuh dari sebuah tautan.

Setelah penghapusan ini, OpenAI mengizinkan pemilik situs untuk memblokir perayap web-nya (crawler), yang digunakan untuk mengumpulkan (scrape) informasi, guna melatih model kecerdasan buatan GPT, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (29/9/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com