Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Bikin Foto yang Bercerita dari Fotografer Dokumenter Giuseppe Nucci

Kompas.com - 02/10/2023, 14:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Fotografer dokumenter asal Italia, Giuseppe Nucci membagikan tips fotografi kepada para awak media dalam acara "Xiaomi Story in Sight" yang digelar di Berlin, Jerman pada Senin (25/9/2023) lalu. 

Kepada KompasTekno yang menghadiri acara tersbeut, Nucci menjelaskan bahwa supaya sebuah foto bisa memiliki cerita yang bermakna, sang fotografer tak perlu memiliki kamera yang bagus.

Sebab, hal pertama yang harus dimiliki dan dipikirkan oleh mereka adalah konsep unik dari foto tersebut. Artinya, pengguna harus belajar untuk memotret sebuah kondisi atau pemandangan yang tidak pernah dibuat atau dilihat sebelumnya di berbagai media, seperti di media sosial dan di internet.

"Tips pertama dari saya adalah tidak fokus terhadap satu obyek atau pemandangan yang pernah difoto orang. Dengan kata lain, kita harus membuat gaya atau hasil foto kita sendiri, meskipun hasil foto tersebut mungkin dianggap jelek oleh orang lain," kata Nucci kepada KompasTekno

Baca juga: Fitur Serba Pertama Xiaomi 13T Series, Tak Cuma Kamera Leica

Konsep foto ini, lanjut Nucci, penting bagi seorang pengguna yang ingin menciptakan cerita dari sebuah foto. Sebab, foto yang dihasilkan akan menjadi cerita unik dari pengguna itu sendiri, bukan cerita dari orang lain.

Fotografer Dokumenter dan guru foto Giuseppe Nucci (tengah) di acara Xiaomi Story in Sight di Berlin, Jerman pada Senin (25/9/2023) lalu.KOMPAS.com/Bill Clinten Fotografer Dokumenter dan guru foto Giuseppe Nucci (tengah) di acara Xiaomi Story in Sight di Berlin, Jerman pada Senin (25/9/2023) lalu.

Selain konsep, Nucci juga menjelaskan bahwa momen dalam pemotretan cukup penting untuk membuat sebuah foto bisa "bercerita". 

Dalam salah satu foto yang ia pamerkan di acara Xiaomi Story in Sight yang menggambarkan orang naik gunung (ilustrasi foto di artikel ini), misalnya, Nucci menjelaskan bahwa foto tersebut diambil dengan memanfaatkan momen. 

Bahkan, Nucci mengaku sempat menunggu berjam-jam supaya orang tersebut berada di titik yang pas ketika ia mendaki, sehingga foto itu bisa memiliki cerita, sudut (angle), serta pemandangan yang unik. 

Baca juga: Hands-on Xiaomi 13T Pro di Berlin, Desain Serupa Beda Performa

"Kita harus memiliki keputusan untuk menentukan momen, supaya bisa menghasilkan foto yang memiliki cerita. Kemudian, pastikan juga kita sudah tahu bahwa momen tersebut bisa memperkuat cerita dari obyek yang sedang kita foto," imbuh Nucci.

Di samping pemanfaatan konsep dan momen, pengguna, lanjut Nucci, juga harus mengasah kemampuan mereka supaya instingnya bisa mengamati momen di sekitar yang berpotensi dipotret dan memiliki cerita unik. 

"Jadi semuanya itu penting untuk menghasilkan foto yang bagus yang punya cerita, mulai dari konsep, cerita yang ingin kita buat dari foto, hingga penentuan momen," jelas Nucci.

"Dan semua ini harus diasah secara perlahan dan dilakukan terus-menerus, agar pengamatan kita tajam dan kita bisa menghasilkan foto unik yang memiliki cerita khas kita sendiri," pungkas Nucci.

Tentang Giuseppe Nucci

Ilustrasi foto Giuseppe Nucci.Instagram.com/_giuseppenucci Ilustrasi foto Giuseppe Nucci.

Sekadar informasi, Giuseppe Nucci adalah seorang jurnalis foto kenamaaan asal Roma, Italia yang memiliki fokus di bidang fotografi dokumenter. 

Selama bertahun-tahun, karya Nucci telah ditampilkan di berbagai publikasi internasional seperti National Geographic Magazine, The New York Times, The Guardian, dan Wired.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com