Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13T Punya Mode Leica Authentic dan Leica Vibrant, Apa Itu?

Kompas.com - 03/10/2023, 16:15 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi 13T yang dirilis di Indonesia hari ini, Selasa (3/10/2023), mengunggulkan sektor fotografi sebagai nilai jual utama. Xiaomi 13T dibekali dua mode pemotretan dengan tone warna khas Leica, yaitu mode Leica Authentic dan Leica Vibrant.

Kedua mode ini hadir berkat kerja sama Xiaomi dan Leica untuk menciptakan pengalaman fotografi mumpuni di perangkat Xiaomi 13T. Namun, apa perbedaan dari kedua mode tersebut?

Director of Communications Xiaomi International, Daniel Desjarlai, mengatakan bahwa Leica Authentic merupakan mode yang bisa membuat foto memiliki warna alami dan mirip seperti aslinya. 

"Mode ini akan membuat gambar memiliki elemen warna natural, namun tidak terlalu dibuat-buat atau dilebihkan. Hasilnya, foto akan memiliki tone warna klasik layaknya diambil menggunakan kamera tradisional," jelas Daniel dalam acara peluncuran Xiaomi 13T Series di Berlin, Jerman, Selasa (26/9/2023) lalu. 

Sementara mode Leica Vibrant, menurut Daniel, akan membuat hasil foto memiliki warna yang lebih nyentrik, modern, dan lebih hidup. 

"Mode ini akan membuat warna foto lebih mentereng, tapi warna tersebut tidak terlalu mencolok mata dan masih nyaman dilihat," imbuh Daniel.

Secara bawaan (default), aplikasi kamera Xiaomi 13T akan menggunakan mode Leica Authentic. Pengguna bisa mengubahnya ke mode Leica Vibrant dengan cara mengeklik logo "Leica" di pojok kanan atas aplikasi kamera. 

Baca juga: Menjajal Langsung Xiaomi 13T di Berlin, HP Cantik dengan Kamera Leica

Hasil foto Xiaomi 13T yang menggunakan mode Leica Authentic (kiri) dan Leica Vibrant (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto Xiaomi 13T yang menggunakan mode Leica Authentic (kiri) dan Leica Vibrant (kanan).

Nah, perbandingan foto Leica Authentic dan Leica Vibrant bisa dilihat pada gambar di atas.

Pada gambar tersebut, tampak foto sebelah kanan, yang menggunakan mode Leica Vibrant, memiliki warna langit yang warna birunya lebih ditonjolkan dibanding foto sebelah kiri yang menggunakan mode Leica Authentic. 

Selain itu, beberapa obyek di dalam foto yang ada di sebelah kanan, seperti banner berwarna merah muda yang ada di sekitar tengah foto, juga tampak lebih terang dibanding foto di sebelah kiri. 

Spesifikasi Xiaomi 13T

Xiaomi 13T sendiri mengusung layar CrystalRes AMOLED 6,67 inci yang memiliki resolusi 2.712 x 1.220 piksel, refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 480 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.600 nit.

Layar yang diklaim mendukung 68 juta warna, Dolby Vision, hingga HDR10 Plus ini sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5. Pada bagian tengah atas layar, terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.2).

Pada aspek fotografi, Xiaomi 13T dibekali dengan tiga kamera belakang berteknologi Leica yang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9, 2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik.

Beralih ke aspek performa, ponsel ini diotaki chipset Mediatek Dimensity 8200 Ultra yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti dengan kecepatan clock higga 3,1 Ghz. Chipset tersebut dikominasikan dengan RAM hingga 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB.

Baca juga: Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Di sektor daya, Xiaomi 13T dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 67 watt. Berkat teknologi pengisian cepat ini, Xiaomi mengeklaim bahwa baterai ponsel terbarunya itu bisa terisi penuh (100 persen) dalam waktu 42 menit.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Xiaomi 13T mencakup dukungan 5G, Bluetooth 5.4, NFC, WiFi 6, Dual Speaker berteknologi Dolby Atmos, perekaman video 4K 30 FPS, serta sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MiUI 14.

Ponsel ini juga sudah mendapatkan sertifikasi tingkat air dan debu dengan IP rating IP68, pertama untuk Xiaomi T-Series. Dengan begitu, perangkat ini akan tetap aman jika terkena air atau debu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com