Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Game di Xiaomi 13T, Mobile Legends Bisa Settingan Grafis "Ultra"

Kompas.com - 30/09/2023, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BERLIN, KOMPAS.com - Xiaomi 13T dibekali dengan chipset kelas atas Mediatek, Dimensity 8200 Ultra yang memiliki prosesor (CPU) dengan kecepatan clock 3,2 GHz. 

Chipset ini bisa dibilang enak dan lancar dipakai untuk bermain game populer, mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact dan Honkai Star Rail

Bahkan di Mobile Legends, Xiaomi 13T mampu memainkan game tersebut dalam pengaturan grafis "Ultra", baik itu untuk opsi pengaturan kualitas grafis (Graphics) maupun High Frame Rate.

Pengaturan kualitas grafis di game Mobile Legends di Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Pengaturan kualitas grafis di game Mobile Legends di Xiaomi 13T.

Biasanya di beberapa ponsel, bahkan ponsel flagship sekalipun, mode pengaturan High Frame Rate "Ultra" tidak terbuka, dan pengaturan akan mentok di opsi "High".

Ini artinya, pihak developer Mobile Legends, alias Moonton telah memasukkan Xiaomi 13T supaya bisa menjalankan salah satu game bikinan mereka di pengaturan Ultra. 

Untuk di game PUBG Mobile, pengaturan grafis tertinggi yang kami dapat untuk opsi kualitas visual (Graphics) adalah "Ultra HDR" dengan pengaturan tingkat kemulusan (Frame Rate) "Ultra". 

Baca juga: Xiaomi 13T Resmi Meluncur, Ponsel Seri-T Pertama dengan Kamera Leica

Ilustrasi pengaturan grafis PUBG Mobile di Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pengaturan grafis PUBG Mobile di Xiaomi 13T.

Nah, di game ini, pengaturan Frame Rate sebenarnya bisa ditingkatkan lagi menjadi "90 fps", sehingga game akan berjalan sangat mulus dari Frame Rate "Extreme". Namun, kamu harus menurunkan kualitas Graphics ke level "Smooth".

Hal ini bisa terbilang wajar lantaran apabila game dimainkan dengan tingkat animasi atau frame rate mulus, perangkat akan cepat panas, kecuali kualitas visual atau level grafisnya diturunkan. 

Beralih ke dua game bikinan Hoyoverse, yaitu Genshin Impact dan Honkai Star Rail, Xiaomi 13T juga bisa memainkan kedua game ini dengan baik dalam pengaturan grafis tertinggi (Highest).

Baca juga: Fitur Serba Pertama Xiaomi 13T Series, Tak Cuma Kamera Leica

Ilustrasi pengaturan grafis game Genshin Impact dan Honkai Star Rail.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi pengaturan grafis game Genshin Impact dan Honkai Star Rail.

Hanya saja, apabila kedua game ini dimainkan berlama-lama, kami menyarankan kamu hanya perlu memainkannya di pengaturan grafis menengah (Medium) saja. Selain itu, pastikan juga pengaturan Frame Rate berada di angka 30 FPS, bukan 60 FPS. 

Kamu sebenarnya bisa saja memainkan kedua game ini dengan lancar dengan kualitas visual yang memanjakan mata. 

Namun, game ini nantinya hanya bisa dimainkan sebentar saja, lantaran perangkat tentunya akan cepat panas apabila dipakai terus-terusan bermain game "berat" dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com