Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Dapat Update Android hingga 2030

Kompas.com - 05/10/2023, 10:20 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seri ponsel terbaru buatan Google, Pixel 8 Series (Pixel 8 dan Pixel 8 Pro),  menawarkan jaminan pembaruan (update) perangkat lunak (software) selama tujuh tahun.  

Sebelumnya, ponsel-ponsel Google hanya mendapatkan pembaruan software, lebih tepatnya peningkatan sistem keamanan selama lima tahun, serta jaminan pembaruan sistem operasi (OS) Android selama tiga tahun. 

Informasi mengenai pembaruan software Pixel 8 Series ini sendiri disampaikan Google dalam sebuah pengumuman singkat yang diunggah di blog resmi mereka. Menurut Google, jaminan pembaruan selama tujuh tahun ini berlaku bagi OS dan sistem keamanan.

Ilustrasi menggunakan Pixel 8 Pro untuk membidik objek atau merekam gambarTech Crunch Ilustrasi menggunakan Pixel 8 Pro untuk membidik objek atau merekam gambar

"Pembaruan software tersebut mencakup OS (Android), peningkatan keamanan (security update), hingga pembaruan lainnya yang bisa meningkatkan kemampuan perangkat (Feature Drop)," jelas Google, dikutip KompasTekno dari BlogGoogle, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Smartphone Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Meluncur dengan Chip Tensor G3

Dengan adanya kebijakan terbaru ini, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, yang rencananya bakal dijual mulai 12 Oktober 2023 mendatang, akan mendapatkan jaminan pembaruan software, termasuk OS Android, hingga 2030 mendatang. 

Tampilan layar depan dan belakang Pixel 8 Pro varian warna biruThe Verge Tampilan layar depan dan belakang Pixel 8 Pro varian warna biru

Tidak disebutkan apakah ponsel buatan Google di masa depan setelah Pixel 8 Series akan mendapatkan perlakuan yang sama atau tidak untuk pembaruan OS dan keamanan. 

Namun terkait pembaruan keamanan di Pixel 8 Series, hal ini tampaknya masih belum melampaui ponsel terbaru bikinan Fairphone, yaitu Fairphone 5 yang memiliki jaminan pembaruan keamanan selama sepuluh tahun. 

Baca juga: Cara Mengecek dan Update Android ke Versi Terbaru

Meski demikian, jaminan pembaruan OS di ponsel tersebut hanya mentok selama lima generasi OS Android saja alias lima tahun. 

Secara umum, beberapa vendor ponsel Android sendiri, seperti Samsung, OnePlus, hingga Xiaomi, memberikan jaminan pembaruan software empat tahun untuk OS dan lima tahun untuk keamanan.

Dengan kata lain, ponsel terbaru buatan Google ini mendapatkan jaminan pembaruan OS dan keamanan lebih lama dari ponsel Android kebanyakan, kecuali untuk jaminan pembaruan keamanan dari ponsel Fairphone 5 yang mencapai sepuluh tahun tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com