Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Cek Pesanan di TikTok Shop Setelah Resmi Ditutup, Mudah

Kompas.com - 05/10/2023, 11:32 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara cek pesanan di TikTok Shop untuk saat ini kiranya perlu diketahui oleh pengguna. Sebab, sejak Rabu kemarin (4/10/2023), mulai pukul 17.00 WIB, TikTok Shop resmi ditutup. Penutupan TikTok Shop mengakibatkan hilangnya menu “Shop” di TikTok.

Selain itu, di beberapa pengguna, menu TikTok Shop itu masih ada, tetapi tidak dapat dibuka dan hanya bertuliskan “Something went wrong. Tap to try again”. Dampak TikTok Shop ditutup terhadap tampilan menu “Shop” di TikTok bisa dilihat pada dua gambar di bawah ini.

Baca juga: 7 Fakta soal Transaksi TikTok Shop yang Ditutup Mulai Hari Ini

Menu TikTok Shop hilang (gambar sebelah kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Menu TikTok Shop hilang (gambar sebelah kanan).

Beberapa dari jurnalis KompasTekno masih memiliki menu Shop, tetapi kami tidak bisa menelusuri dan berbelanja produkKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Beberapa dari jurnalis KompasTekno masih memiliki menu Shop, tetapi kami tidak bisa menelusuri dan berbelanja produk

Lantaran TikTok Shop ditutup dan mengakibatkan dampak itu, lantas bagaimana cek pesanan yang tengah berlangsung? Bila kini masih memiliki pesanan pembelian produk di TikTok Shop yang masih berlangsung, tak usah panik.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara cek pesanan TikTok Shop setelah resmi ditutup. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara cek pesanan TikTok Shop setelah resmi ditutup dengan mudah.

Cara cek pesanan TikTok Shop setelah resmi ditutup

Perlu diketahui, setelah TikTok Shop ditutup, pengguna pada dasarnya masih bisa memeriksa pesanan yang sedang berlangsung. Terdapat dua cara cek pesan TikTok Shop setelah resmi ditutup yang bisa dilakukan pengguna.

Kedua cara tersebut dibedakan berdasar ketersediaan menu “Shop” di TikTok setelah TikTok Shop ditutup. Adapun penjelasan masing-masing cara cek pesanan Tiktok Shop setelah resmi ditutup adalah sebagai berikut:

1. Cara cek pesanan TikTok Shop jika menu “Shop” masih ada

  • Buka aplikasi TikTok dan klik menu “Shop”.
  • Selanjutnya, klik ikon garis tiga dan pilih opsi “Orders”.
  • Terakhir, pengguna bakal bisa melihat semua status pesanan atau pembelian yang sedang berlangsung.

2. Cara cek pesanan TikTok Shop jika menu “Shop” sudah hilang

  • Buka aplikasi TikTok dan klik menu “Profile”.
  • Selanjutnya, klik ikon garis tiga dan pilih menu “Settings and privacy”.
  • Kemudian, pilih opsi “Your orders” dan klik “Orders”.
  • Terakhir, pengguna bakal bisa melihat semua status pesanan atau pembelian yang sedang berlangsung.

Itulah penjelasan mengenai cara cek pesanan di TikTok Shop setelah ditutup. Sebagai informasi, pihak TikTok Indonesia telah mengumumkan soal penutupan TikTok Shop melalui e-mail yang ditujukan ke seluruh penjual.

Berdasarkan pengumuman itu, diketahui bahwa TikTok Shop ditutup mulai Rabu kemarin (4/10/2023), pukul 17.00 WIB.

Isi e-mail TikTok ke penjual TikTok ShopKompas.com/Yudha Pratomo Isi e-mail TikTok ke penjual TikTok Shop

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi layanan transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB,” kata TikTok Indonesia melalui e-mail tersebut.

Dalam pengumuman itu, pihak TikTok Indonesia juga menyampaikan, penutupan layanan transaksi di TikTok Shop dilakukan sebagai upaya mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pihak TikTok berkomitmen akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik dalam melayani pengguna di kemudian hari. Penutupan TikTok Shop ini berdampak pada penyelesaian pesanan dalam transaksi yang telah berjalan.

Dalam hal itu, pihak TikTok juga berkomitmen untuk mendukung penyelesaian pesanan pengguna, baik yang telah maupun sedang berlangsung.

“Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi penjual TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini,” pungkas pihak TikTok Indonesia.

Penutupan TikTok Shop itulah yang membuat akhirnya menu “Shop” di TikTok hilang. Lantas, sebenarnya apa yang terjadi dengan TikTok Shop, sehingga ditutup dan tak lagi ada di TikTok?

Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan mengenai latar belakang penutupan TikTok Shop di bawah ini.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com