Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13T Mulai Dijual di Indonesia Hari Ini Pukul 10.00 WIB, Ini Harganya

Kompas.com - 06/10/2023, 09:41 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi Indonesia akan menggelar penjualan perdana (first sale) smartphone terbarunya di Indonesia, yaitu Xiaomi 13T pada hari ini, Jumat (6/10/2023).

Selain Xiaomi 13T, mereka juga akan mulai menjual salah satu produk wearable terbarunya, yaitu Xiaomi Smart Band 8 dan beragam aksesori pendukungnya, mulai dari Running Clip hingga Pendant, di Tanah Air.

Di Indonesia, harga Xiaomi 13T dijual dibanderol Rp 6.499.000 untuk satu varian RAM dan storage, yaitu 12 GB/256 GB. Sementara itu, Smart Band 8 dibanderol dengan harga Rp 549.000.

Baca juga: Hands-on Gelang Pintar Xiaomi Smart Band 8, Ganti Strap Cukup Pencet Tombol

Pembelian kedua perangkat ini bisa dilakukan di berbagai toko resmi Xiaomi, Tokopedia, dan aneka mitra penjualan mereka di Indonesia, baik itu offline maupun online.

Dalam periode first sale (6-15 Oktober 2023), pembeli Xiaomi 13T akan mendapatkan beragam hadiah eksklusif, salah satunya adalah Bluetooth Shutter yang berbentuk grip kamera, atau tumbler yang memiliki desain khas lensa Leica. Informasi soal bonus ini bisa disimak di tautan ini.

Pada periode yang sama, pembeli Xiaomi Smart Band 8 juga akan mendapatkan potongan harga Rp 50.000 menjadi Rp 499.000, serta mendapatkan diskon untuk pembelian aksesori pendukung wearable tersebut.

Kemampuan Xiaomi 13T 

Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik dan dipakai untuk baca artikel.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layar Xiaomi 13T terpapar sinar matahari terik dan dipakai untuk baca artikel.

Jurnalis KompasTekno telah menjajal seluruh kemampuan Xiaomi 13T, mulai dari kamera, performa, layar, baterai, dan lain sebagainya. 

Dengan harga yang ditawarkan, secara garis besar kami bisa menyimpulkan bahwa ponsel ini cukup "seksi" dengan segala fitur yang ada, terutama di aspek kameranya yang menggunakan sistem dan teknologi dari perusahaan kamera asal Jerman, Leica. 

Secara desain, Xiaomi 13T cukup cantik karena memiliki tampilan yang berbeda dari Xiaomi T-Series lainnya. Tampilan Xiaomi 13T, terutama untuk varian Alpine Blue yang memiliki cangkang bertesktur kulit, bisa dilihat dalam artikel berikut ini

Masih soal desain, Xiaomi 13T mengadopsi layar CrystalRes AMOLED 6,67 inci yang memiliki resolusi 2.712 x 1.220 piksel, refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 480 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.600 nit. Untuk pengujian layar bisa dilihat dalam tautan berikut ini.

Lalu pada sektor kamera, Xiaomi 13T juga bisa dibilang cukup mumpuni untuk memotret lingkungan di berbagai kondisi.

Xiaomi 13T dibekali dengan tiga kamera belakang berteknologi Leica yang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9, 2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Pada bagian tengah atas layar, terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.2).

Baca juga: Hasil Jepretan Xiaomi 13T dan 13T Pro Sama Bagusnya meski Chipset Berbeda

Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi modul kamera belakang Xiaomi 13T.

Kami sempat menguji kamera ini di kota Berlin, Jerman, dan hasil fotonya untuk siang hari bisa dilihat di sini, sedangkan untuk malam hari bisa dilihat di sini

Pada aspek performa, Xiaomi 13T ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 8200 Ultra yang diklaim memiliki performa tinggi dan lancar untuk memainkan aneka game populer. 

Hasil benchmark AnTuTu, Geekbench, dkk untuk Xiaomi 13T bisa dilihat dalam tautan berikut ini, sedangkan hasil uji main game di ponsel tersebut bisa dilihat di tautan berikut ini

Baca juga: Xiaomi 13T: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Di sektor baterai, Xiaomi 13T bisa dibilang kuat dipakai sekitar 10 jam dalam pemakaian normal. Pengujian baterai lengkap bisa dilihat di sini.

Untuk fitur lainnya, Xiaomi 13T merupakan ponsel Xiaomi T-Series pertama yang sudah dibekali dengan sertifikasi anti air dan debu IP68. Pengujian perangkat ketika dibilas dan direndam air bisa dilihat di tautan berikut ini.

Adapun review lengkap Xiaomi 13T dari KompasTekno bisa dibaca dalam artikel di tautan berikut ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com