Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 13T dengan Kamera Leica Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 03/10/2023, 13:50 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya butuh waktu seminggu bagi Xiaomi untuk merilis ponsel terbarunya, Xiaomi 13T, di Indonesia setelah perilisan global pada 26 September lalu. Xiaomi 13T resmi masuk Indonesia hari ini, Selasa (3/10/2023).

"Hari ini kami dengan bangga meluncurkan Xiaomi 13T, smartphone pertama di Indonesia yang memiliki pengalaman fotografi Authentic Leica Experience," kata Director Marketing Xiaomi Indonesia, Vanessa Tan di acara peluncuran Xiaomi 13T, Selasa (3/10/2023).

Xiaomi 13T mengunggulkan sektor fotografi dengan sistem kamera Leica untuk tiga kamera yang ada di bagian belakangnya. 

Kiri ke kanan: Director Marketing Communications Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia; Director Marketing Xiaomi Indonesia, Vanessa Tan; Product Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, dalam acara peluncuran Xiaomi 13T di Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023)
KOMPAS.com/Bill Clinten Kiri ke kanan: Director Marketing Communications Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia; Director Marketing Xiaomi Indonesia, Vanessa Tan; Product Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, dalam acara peluncuran Xiaomi 13T di Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023)
Xiaomi 13T dibekali dengan tiga kamera belakang berteknologi Leica yang meliputi kamera utama 50 MP (f/1.9, Sony IMX707, OIS), kamera telefoto 50 MP (f/1.9, 2x optical zoom), dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Kamera utama ponsel tersebut dibekali dengan optik Leica Summicron Lens. Kehadiran teknologi ini memungkinkan cahaya yang masuk ke dalam kamera utama perangkat disaring sedemikian rupa melalui tujuh lensa (7P) yang tersedia, sebelum mencapai sensor kamera.

Hal ini dilakukan supaya hasil foto bisa memiliki warna yang natural dan khas Leica, sehingga Xiaomi 13T merupakan ponsel pertama Xiaomi T-Series yang bisa digunakan untuk merasakan pengalaman fotografi otentik Leica alias Leica Authentic Experience.

"Lensa Leica Summicron memiliki tujuh elemen lensa (7P) yang memastikan gambar yang diambil akan tetap detail, serta memiliki tone warna yang natural dan khas kamera Leica," kata Product Manager Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Review Xiaomi 13T, Mudah Bikin Foto Indah dan Enak Dipakai Main Game

Spesifikasi Xiaomi 13T di Indonesia

Seorang model memperagakan gaya pengambilan gambar selfie menggunakan Xiaomi 13T di acara peluncuran di Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023). KOMPAS.com/Bill Clinten Seorang model memperagakan gaya pengambilan gambar selfie menggunakan Xiaomi 13T di acara peluncuran di Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2023).
Secara tampilan, Xiaomi 13T mengusung layar CrystalRes AMOLED 6,67 inci yang memiliki resolusi 2.712 x 1.220 piksel, refresh rate 144 Hz, touch sampling rate 480 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 2.600 nit.

Layar yang diklaim mendukung 68 juta warna, Dolby Vision, hingga HDR10 Plus ini sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5. Di bagian tengah atas layar, terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.2).

Beralih ke aspek performa, ponsel ini diotaki chipset Mediatek Dimensity 8200 Ultra dengan prosesor (CPU) delapan inti dengan kecepatan clock hingga 3,1 Ghz. Chipset tersebut dikominasikan dengan RAM hingga 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB.

Baca juga: Hasil Jepretan Xiaomi 13T dan 13T Pro Sama Bagusnya meski Chipset Berbeda

Di sektor daya, Xiaomi 13T dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 67 watt. Berkat teknologi pengisian cepat ini, Xiaomi mengeklaim baterai ponsel terbarunya itu bisa terisi penuh (100 persen) dalam waktu 42 menit.

Ilustrasi mode Leica Authentic dan Leica Vibrant di aplikasi kamera Xiaomi 13T.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi mode Leica Authentic dan Leica Vibrant di aplikasi kamera Xiaomi 13T.

Fitur pendukung lainnya yang ada di Xiaomi 13T mencakup dukungan 5G, dukungan eSIM, Bluetooth 5.4, NFC, WiFi 6, Dual Speaker berteknologi Dolby Atmos, perekaman video 4K 30 FPS, serta sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MiUI 14.

Xiaomi 13T akan mendapat update Android empat generasi (empat tahun) dan mendapat dukungan keamanan hingga lima tahun.

Ponsel ini juga sudah mendapatkan sertifikasi tingkat air dan debu dengan IP rating IP68, pertama untuk Xiaomi T-Series. Dengan begitu, perangkat ini akan tetap aman jika terkena air atau debu.

Baca juga: Kota Berlin dalam Bidikan Xiaomi 13T, Kamera Leica Bikin Warna Natural

Harga Xiaomi 13T di Indonesia dan penjualan perdana

Harga Xiaomi 13T di Indonesia dibanderol Rp 6,5 juta, dengan RAM dan media penyimpanan (storage) 12 GB/256 GB.

Harga ini lebih murah Rp 100.000 dari pendahulunya, Xiaomi 12T (8 GB/256 GB), yang dijual dengan harga Rp 6,6 juta pada saat peluncuran.

Xiaomi 13T akan mulai dijual pada 6 Oktober 2023 secara online di marketplace rekanan Xiaomi.

Baca juga: Benchmark Xiaomi 13T Versi Indonesia, Ini Skor AnTuTu-nya


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com