Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Maksimalkan Jualan di TikTok untuk Para Kreator Afiliator

Kompas.com - 06/10/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini sebagian kreator memanfaatkan peluang untuk menghasilkan penghasilan tambahan dengan program afiliator dari beberapa e-commerce. Melalui program ini kreator dapat mempromosikan produk-produk dari berbagai e-commerce di media sosial salah satunya di TikTok.

Kreator TikTok dapat mempromosikan beragam produk dari e-commerce yang dikemas dengan konten kreatif. Kendati pelanggan tidak dapat bertransaksi secara langsung di TikTok, kreator dapat memanfaatkan beberapa tips agar tetap memajang link produk yang dipromosikan di TikTok.

Beberapa tips di antaranya dengan memanfaatkan fitur-fitur TikTok dan menambahkan link di bio TikTok. Lantas apa saja beberapa tips yang bisa dicoba agar tetap berjualan di TikTok dan memaksimalkan promosi?

Baca juga: Keranjang Kuning” TikTok Shop Berubah Jadi Note Biru dan Bintang

Maksimalkan bio TikTok

Anda dapat memaksimalkan bio TikTok dengan memberikan keterangan khusus. Misalnya saja Anda seorang kreator dengan kategori beauty yang selalu mempromosikan produk skincare, maka maksimalkan keterangan bio selengkap mungkin terkait kategori Anda.

Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan audiens pada akun Anda sehingga bisa jadi dapat menimbulkan keinginan untuk membeli berbagai produk yang telah Anda review atau promosikan lewat konten-konten.  

Buat link di bio semenarik mungkin

Jangan lupa untuk membuat link di bio dengan memanfaatkan software pembuat link di bio. Salah satunya dengan Canva.

Tautkan link di bio dengan link-link produk dari e-commerce tertentu. Selain itu desain link di bio TikTok semenarik mungkin dan mudah dijangkau pelanggan.

Tombol tindakan

Apabila jenis akun Anda merupakan akun bisnis TikTok, maka kreator bisa memanfaatkan tombol tindakan untuk menambahkan kontak tertentu, seperti e-mail, nomor telepon, maupun tautan Instagram.

Hal ini memudahkan audiens untuk menjangkau produk yang Anda promosikan maupun akun media sosial milik Anda.

Manfaatkan fitur DM TikTok

Pelanggan yang tertarik membeli produk yang Anda promosikan tak jarang kurang mengetahui letak link produk yang dipajang.

Sehingga bisa jadi pengguna akan menanyakan produk-produk tersebut melalui fitur Direct Message. Maka dari itu Anda bisa memaksimalkan fitur ini untuk berinteraksi dengan audiens. 

Buat konten sekreatif mungkin

Jangan lupa membuat konten sekreatif mungkin. Promosi konten dengan diiringi konsep yang kreatif dapat meningkatkan brand awareness dari produk itu sendiri.

Anda bisa memanfaatkan beberapa alat dalam mengedit konten di TikTok, seperti CapCut atau Canva serta mengikuti konten yang sedang viral atau trending.

Baca juga: Cara Melacak Paket TikTok Shop yang Belum Datang

Demikian cara memaksimalkan jualan di TikTok untuk para kreator konten yang ingin memaksimalkan promosi produk-produk dari program afiliator. Semoga membantu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com