Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Samsung Galaxy Tab A9 dan Tab A9 Plus Resmi Meluncur, Serupa tapi Tak Sama

Kompas.com - 10/10/2023, 13:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung akhirnya resmi merilis tablet murah alias entry-level terbarunya, Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus ke pasar India, Senin (9/10/2023).

Sebelumnya, dua tablet ini sudah diumumkan diam-diam oleh Samsung lewat situs resmi Samsung Guatemala, Amerika Tengah dan marketplace Amazon Uni Emirat Arab (UEA) beberapa hari lalu.

Namun, perangkat yang dimunculkan saat itu hanyalah varian “reguler” dan rincian spesifikasinya masih minim.

Desain kedua tablet sangat identik. Kendati demikian spesifikasi keduanya cukup berbeda. Galaxy Tab A9 memiliki spesifikasi di bawah Galaxy Tab A9 Plus. Berikut rincian spesifikasi masing-masing model.

Baca juga: Adu Spesifikasi HP Murah Samsung, Galaxy A05 Vs A05s

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9 Plus

Galaxy Tab A9 Plus dibekali layar WQXGA LCD yang lebih besar, yakni 11 inci. Layar menawarkan resolusi 1.200 x 1.920 piksel dan refresh rate 90 Hz. Layar dihiasi bingkai layar (bezel) yang lebih tebal di sisi atas dan bawahnya.

Di sektor fotografi, Galaxy Tab A9 Plus dilengkapi satu kamera depan dan belakang. Masing-masing konfigurasinya terdiri dari kamera selfie 5 MP dan kamera utama belakang 8 MP.

Galaxy Tab A9 Plus ditenagai System-on-chip (SoC) besutan Qualcomm, Snapdragon 695 yang dipadankan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) 128 GB.

Perluasan storage bisa dilakukan melalui slot microSD yang tersedia. Soal daya, tablet tersebut ditopang baterai berkapasitas 7.040 mAh dan mendukung pengisian daya 15 watt.

Tablet ini dilengkapi empat speaker, dukungan konektivitas 5G, WiFi, Bluetooth, serta port USB type-C. Untuk dimensinya, tablet ini memiliki panjang 305 mm x lebar 204 mm x tebal 37 mm, serta bobot 510 gram.

Tampilan layar depan dan belakang dari Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus di laman resmi Samsung Amerika TengahSamsung Tampilan layar depan dan belakang dari Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus di laman resmi Samsung Amerika Tengah
Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A9

Sementara itu, varian reguler Galaxy Tab A9 datang dengan layar yang lebih mungil. Layarnya mengusung panel IPS LCD seluas 8,7 inci dan refresh rate yang mentok di 60 Hz.

Di bagian depan, Galaxy Tab A9 juga datang dengan satu kamera depan dengan resolusi kamera yang lebih rendah, yakni 2 MP saja. Sementara itu, kamera belakangnya beresolusi 8 MP.

Baterai yang dimiliki berkapasitas 5.100 mAh dan mendukung pengisian daya 15 watt. Di sektor dapur pacu, Galaxy Tab A9 mengandalkan chip MediaTek Helio G99 yang dipadu dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB. Tablet juga mendukung perluasan storage lewat microSD.

Baik Samsung Tab A9 maupun Samsung Tab A9 Plus, sama-sama menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1. Keduanya juga kompak datang dengan tiga varian warna, yaitu Dark Blue, Grey, dan Silver, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus di Indonesia

Harga Samsung Galaxy Tab A9 series

Banderol harga dari kedua tablet berbeda-beda tergantung dukungan konektivitas dan media penyimpanannya. Untuk konektivitas, tersedia model WiFi saja, dan model yang turut didukung jaringan seluler.

Berikut adalah rincian harganya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (10/10/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com