Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan ChatGPT Mobile Tembus Rp 72 Miliar, tapi Dibayangi Kejenuhan

Kompas.com - 10/10/2023, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi ChatGPT versi seluler (mobile) mencetak rekor pendapatan kotor (gross revenue) baru senilai 4,58 juta dollar AS atau setara Rp 72 miliar pada periode September 2023.

Namun, meski pendapatan kotornya naik, pertumbuhan pemasukannya (growth revenue) melambat.

Rekor pendapatan chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bikinan OpenAI ini diraih berkat langganan ChatGPT Plus yang laris dibeli oleh pengguna aplikasi ChatGPT Mobile, baik di iOS maupun Android secara global.

Mayoritas pendapatan berasal dari pengguna iOS, yakni sebesar 3 juta dollar AS (kira-kira Rp 47,1 miliar) dari total pembelian dalam aplikasi bulan lalu.

Baca juga: ChatGPT Kini Bisa Browsing Internet secara Real-time

Misalnya, pada bulan Juni, aplikasi chabot AI bikinan OpenAI ini menghasilkan pendapatan kotor sebesar 2,1 juta dollar AS (sekitar Rp 33 miliar). Kemudian meningkat menjadi 2,74 juta dollar AS (kira-kira Rp 43 miliar) pada bulan Juli.

Pada bulan Agustus, gross revenue ChatGPT mobile kembali naik ke angka 3,81 juta dollar AS (setara Rp 59,8 miliar). Lalu, pendapatan tembus ke rekor terbaru senilai 4,58 juta dollar AS (sekitar Rp 72 miliar) pada bulan September 2023.

Bayang-bayang kejenuhan

Meski demikian, laporan dari Appfigures menyebut pertumbuhan (growth revenue) pendapatan ChatGPT melambat. Pada Juli dan Agustus lalu angkanya selalu di atas 30 persen (31 persen pada Juli dan 39 persen pada Agustus). Namun, pada September, turun menjadi 20 persen.

Melambatnya revenue growth ini bisa menjadi indikasi bahwa pengguna ChatGPT semakin mendekati kejenuhan. Tak banyak lagi orang yang mau membayar untuk menggunakan ChatGPT Plus.

Baca juga: OpenAI Rilis Dall-E 3, AI untuk Bikin Gambar via ChatGPT

Langganan ChatGPT+ sendiri dibanderol 20 dollar AS (kira-kira Rp 314.000) per bulan. Dengan berlangganan ChatGPT Plus, pengguna dimungkinkan untuk mendapatkan respons/jawaban lebih cepat, akses prioritas di jam sibuk, hingga akses awal ke fitur baru.

Selain itu, ChatGPT juga mencatat pertumbuhan dari jumlah instalasi aplikasi selulernya. Pada September 2023 dilaporkan ada 15,6 juta instalasi baru untuk aplikasi ChatGPT mobile versi iOS dan Android.

Pengguna Android menyumbang jumlah install baru terbanyak untuk periode September, yakni terhitung ada 9 juta download di Google Play Store. Sementara pengguna iOS App Store menyumbang 6,6 juta instalasi baru sisanya.

Kini, secara total, aplikasi ChatGPT mobile memiliki instalasi 52,2 juta download di iOS dan Android di seluruh dunia.

Adapun total jumlah pengguna ChatGPT, baik aplikasi seluler dan situs web, dilaporkan mencapai 180,5 juta pengguna pada Agustus 2023. Jumlah ini meningkat 80,5 persen dari 100 juta pengguna pada Januari 2023.

ChatGPT juga memiliki 1,43 miliar kunjungan situs web bulanan pada Agustus 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (10/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com