Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony PS5 "Slim" Meluncur, Dijual November 2023 Harga Rp 7 Juta

Kompas.com - 11/10/2023, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah beragam rumor, Sony akhirnya resmi mengumumkan konsol PlayStation 5 (PS5) model baru dengan laci cakram yang dapat dilepas (detachable disc) dan penyimpanan internal 1 TB.

Karena laci Blu-ray bisa dilepas, membuat dimensi PS5 baru ini menjadi sedikit lebih ramping dan lebih pendek dari model PS5 yang kini ada di pasaran, atau sering disebut PS5 "Slim".

Ada dua model PS5 Slim yang diumumkan, yakni PS5 bundling dengan Drive Disk Blu-ray Ultra HD dan PS5 Digital Edition.

Kehadiran PS5 Slim ini diumumkan langsung oleh Senior Director, SIE Content Communications PlayStation, Sid Shuman lewat blog resmi PlayStation pada Selasa (10/10/2023).

Baca juga: PS5 Laris Manis Bikin Pendapatan Sony Moncer

"Untuk memenuhi kebutuhan pemain yang terus berkembang, tim kami menghadirkan model PS 5 dengan bentuk baru yang memberikan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas," kata Shuman.

Shuman mengatakan, model PS5 terbaru ini membawa fitur teknologi yang sama, tapi dikemas dalam volume yang lebih kecil hingga 30 persen dan bobot lebih ringan hingga 24 persen.

Di atas kertas, PS5 drive disk Ultra HD Blu-ray memiliki dimensi lebar 358 mm, tinggi 96 mm, ketebalan 216 mm dengan berat 3,2 kg. Sementara PS5 Digital Edition memiliki dimensi lebar 358 mm, tinggi 80 mm, ketebalan 216 mm, dengan bobot 2,6 kg.

PS5 Slim memiliki laci cakram (disc) yang bisa dilepas pasang (detachable) via konektor USB-C. Dengan begitu, PlayStation 5 "Slim" bakal lebih portabel atau mudah dibawa-bawa.

Shuman menambahkan, PS5 model baru ini juga memberikan opsi untuk menambahkan Drive Disk Blu-ray Ultra HD ke PS5 Digital Edition. Artinya, pengguna juga bisa memainkan dua jenis game PS5, yaitu versi digital dan versi fisik.

Drive Disk Blu-ray Ultra HD untuk PS5 Digital Edition dijual terpisah seharga 79,99 USD (sekitar Rp 1,2 juta).

Baca juga: Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

Bila dipasangkan dengan drive disc, PS5 Slim akan memiliki tonjolan di bagian samping. Kini, pengguna juga bisa melepas laci cakram itu dan menggantinya dengan panel samping, sehingga bodi menjadi "rata".

Penampakan PS5 Slim dengan laci cakram (disc) yang bisa dilepas pasang (detachable) via konektor USB-C. PS5 model baru ini juga memberikan opsi untuk menambahkan Drive Disk Blu-ray Ultra HD ke PS5 Digital Edition. Blog PlayStation Penampakan PS5 Slim dengan laci cakram (disc) yang bisa dilepas pasang (detachable) via konektor USB-C. PS5 model baru ini juga memberikan opsi untuk menambahkan Drive Disk Blu-ray Ultra HD ke PS5 Digital Edition.
Tak hanya itu, dua model PS5 Slim baru ini kini juga dibekali dengan penyimpanan internal yang lebih luas, yakni dengan SSD 1TB. PS5 yang ada di pasaran saat ini hanya memiliki penyimpanan internal 825 GB.

Untuk colokan, PS5 Slim kini dibekali dua colokan USB C. Berbeda dengan PS5 saat ini yang memiliki satu port USB-C dan satu port USB-A.

Baca juga: Cara Mempercepat PS4 yang Mulai Melambat

Shuman merinci, kedua PS5 baru dengan detachable disc ini disertakan dengan dudukan horizontal alias horizontal stand untuk menyimpan PlayStation. Pengguna bisa membeli dudukan vertikal baru secara terpisah seharga 30 dollar AS (sekitar Rp 471.000).

Harga PS5 Slim mulai Rp 7 juta

Model PS5 baru akan tersedia mulai November 2023 di Amerika Serikat melalui pengecer tertentu dan direct.playstation.com. Setelah itu, kata Shuman, PS5 "Slim" akan diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com