Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi PS5 Pro, GPU Makin Bertenaga

Kompas.com - 29/08/2023, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Sony dikabarkan tengah menyiapkan konsol terbarunya yang lebih bertenaga yaitu PlayStation 5 Pro (PS5 Pro).

Meskipun kehadirannya belum dikonfirmasi oleh Sony, sudah banyak bocoran spesifikasi PS5 Pro yang beredar. Bocoran yang terbaru adalah soal kehadiran unit pengolah grafis (GPU) yang lebih mumpuni.

Informasi ini terungkap dari Youtuber, RedGamingTech. Menurut RedGamingTech, Sony akan fokus untuk mendongkrak performa GPU PS5 Pro, bukan fokus pada CPU.

Hal ini dilihat dari penggunaan APU AMD Ryzen berarsitektur Zen 2, dengan 8 core dan 16 thread, seperti PS5 versi "reguler". Sony tidak mengandalkan AMD Ryzen Zen 4.

Meskipun ditenagai APU yang sama, clockspeed prosesor (CPU) konon akan mengalami peningkatan dari 3,5 GHz menjadi 4 GHz, sehingga konsol bisa menjalankan game hingga 60 FPS dengan lebih mudah.

Dengan CPU seperti ini, Sony bisa menempatkan perhatian penuh untuk membawa peningkatan pada sektor GPU. Rumornya, PS5 menghadirkan render output unit (ROP) yang lebih tinggi dari pendahulunya, dengan kisaran ROP sekitar 64, 96, dan 128.

Sebagai perbandingan, PS5 versi "reguler" membawa 64 ROP.

Render output unit, atau juga disebut raster operations pipeline, adalah komponen GPU yang bertanggung jawab atas proses akhir rendering, misalnya menulis data piksel akhir ke memori, dan meningkatkan tampilan grafik dengan anti-aliasing.

Baca juga: Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

Peningkatan ROP ini terjadi karena kehadiran 30 workgroup processor (WGP) yang aktif (60 unit komputasi/CU).

Dengan 30 WGP yang aktif, GPU PS5 Pro konon bakal memiliki clockspeed 2,500 MHz hingga 2,800 MHz, sehingga menghasilkan performa komputasi dari 19,2 teraflops (TFLOPs) di 2,500 MHz hingga 21,5 teraflops (TFLOPS) di 2,800 MHz.

Dengan demikian, PS5 Pro kemungkinan memiliki performa yang lebih "ngebut" dua kali lipat dibanding PS5 versi "reguler" (10,28 teraflops).

Kanal YouTube tersebut mengatakan bahwa PS5 Pro dibekali kekuatan yang mirip seperti komputer (PC) dengan spesifikasi menengah hingga tinggi.

PS5 Pro diklaim bisa menjalankan game pada 60 FPS sambil mengaktifkan fitur ray tracing. Hal ini berbeda dengan PS5 versi "reguler" yang hanya bisa memainkan game pada 60 FPS dengan resolusi 4K, tanpa fitur ray tracing.

Nantinya, GPU dan CPU PS5 Pro bakal ditemani RAM GDDR5 16 GB, berbeda dengan versi "reguler" yang menggunakan RAM GDDR6.

RedGamingTech juga mengeklaim bahwa media penyimpanan (storage) SSD PS5 Pro ditingkatkan. Akan tetapi, belum diketahui bagian apa yang ditingkatkan, apakah kecepatan, kapasitas, atau bagian lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com