Cara Mempercepat PS4 yang Mulai Melambat

Kompas.com - 20/07/2021, 19:04 WIB
PlayStation 4 ShutterstockPlayStation 4
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, kinerja PlayStation 4 (PS4) bisa saja melambat, apalagi jika pengguna memasang banyak game hingga media penyimpanan penuh.

Meski demikian, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pemeliharaan sistem lewat sebuah proses yang dijuluki rebuild database.

Seperti namanya, proses ini bertujuan untuk menata ulang database sistem PS4, sekaligus menghapus berbagai file sampah, berikut file corrupt, yang tersimpan di HDD namun tidak dibutuhkan lagi.

Sehingga, database sistem PS4 akan rapi, serta HDD bisa membaca aneka game dan file yang tersimpan secara optimal tanpa hambatan.

Proses ini sendiri diklaim tidak akan menghapus beragam file penting, seperti game, save file, serta konten media yang tersimpan di PS4.

Baca juga: Tambang Kripto China Bertumbangan, GPU di Indonesia Turun Harga?

Namun, apabila Anda ragu, Anda bisa melakukan backup file dan sistem PS4 terlebih dahulu ke HDD eksternal. Proses backup bisa dilakukan dengan mengunjungi menu "Settings" > "System" > dan "Back Up and Restore".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, bagaimana cara mempercepat performa PS4 melalui proses rebuild database tadi?

Cara mempercepat PS4

  1. Pastikan PS4 dalam keadaan mati. Kemudian, tekan dan tahan tombol power hingga PS4 mengeluarkan bunyi "beep" sebanyak dua kali.

    Beberapa saat kemudian, PS4 Anda akan menyala dan Anda akan disodorkan dengan halaman Safe Mode.

    Tampilan awal Safe Mode di PS4.AndroidCentral Tampilan awal Safe Mode di PS4.

    Pada tampilan ini, colok controller Dualshock 4 Anda dengan kabel USB yang tersambung dengan PS4. Apabila sudah tersambung, tekan tombol "PS" di controller.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.