Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Call Grup lewat Google Meet Kini Bisa Full HD

Kompas.com - 12/10/2023, 11:20 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Panggilan video (video call) grup via Google Meet bakal lebih jernih. Pasalnya, Google meningkatkan resolusi video di Google Meet menjadi 1080p atau Full HD.

Peningkatan pengalaman video call ini bisa dinikmati para pelanggan layanan Google Workspace, yang biasa digunakan kalangan profesional untuk meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Sebelumnya, pengguna Google Meet yang berlangganan Google Workspace hanya bisa menikmati resolusi video tertinggi 720p.

Sebetulnya, dukungan resolusi 1080p ini sudah hadir sejak April lalu. Hanya saja, fitur tersebut baru mendukung video call perorangan alias one-on-one, bukan grup seperti pembaruan ini.

Baca juga: Google Meet Bisa Bikin Background Pakai Teknologi AI

Jadi, video call yang melibatkan tiga orang atau lebih via Google Meet, kini bisa menikmati resolusi video hingga 1080p.

“Awal tahun, kami mengumumkan resolusi video 1.080 piksel untuk panggilan video one-on-one di Google Meet. Hari ini, kami memperluas (fitur resolusi) 1.080 piksel di dalam pertemuan online tiga orang atau lebih,” tulis Google dalam blog resminya, pada Selasa (10/10/2023).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna akan menemukan jendela baru di kanan atas, di dalam tampilan kamera preview, sebelum masuk ke ruang meeting.

Jendela tersebut menawarkan pengguna untuk mengaktifkan video beresolusi 1.080 piksel. Fitur ini akan muncul apabila pengguna menggunakan webcam yang mendukung resolusi Full HD atau lebih tinggi.

“Anda bisa mengganti resolusi video kapan pun di menu Settings (Pengaturan),” jelas Google dalam sebuah cuplikan GIF.

Ilustrasi penggunaan fitur video Full HD di Google MeetBlog Google Ilustrasi penggunaan fitur video Full HD di Google Meet
Dalam video demo yang diunggah oleh Google, ketika fitur Full HD tersebut diaktifkan, akan terdapat ikon kotak berwarna putih tertulis 1.080p. Artinya, webcam yang dipakai di Google Meet sudah diatur ke resolusi Full HD. Peserta lain juga dapat melihat ikon tersebut muncul di kanan atas video.

Baca juga: Google Meet Kini Mendukung Video Full HD, tapi Ada Syaratnya

Bila pengguna ingin mengubah resolusi video ke versi yang lebih rendah, bbisa mengaturnya di menu Settings dengan mengeklik ikon titik tiga di bawah layar. Kemudian, pilih “Video” di menu bar bagian samping, lalu klik resolusi video yang ingin dipakai sesuai kebutuhan.

Google Meet akan menyesuaikan kualitas video secara otomatis, jika jaringan internet yang terhubung cukup stabil, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (12/10/2023).

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, fitur Full HD ini tersedia untuk pengguna Workspace, yakni pengguna Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Standard, Enterprise Starter, Enterprise Plus, Education Plus, Teaching and Learning Upgrade, hingga pelanggan Workspace Individual.

Apabila pelanggan Google Workspace belum mendapat fitur ini, ada kemungkinan Google menggelontorkannya secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com