Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat ChatGPT untuk Guru atau Pengajar dalam Dunia Pendidikan

Kompas.com - Diperbarui 19/10/2023, 08:25 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber openai.com

KOMPAS.com - Pengguna yang berprofesi sebagai guru atau pengajar kiranya perlu mengetahui manfaat ChatGPT dalam dunia pendidikan. ChatGPT tampaknya telah menjadi program chatbot AI (Artificial Intelligence) yang cukup populer saat ini.

Kepopuleran itu tak lepas dari kemampuan ChatGPT untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah secara natural. Kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Di dunia pendidikan, ChatGPT mampu untuk membantu beberapa pekerjaan atau tugas guru dalam menyajikan pembelajaran ke murid. Adanya perkembangan teknologi seperti ChatGPT ini perlu dimanfaatkan.

Lantaran dapat membantu pekerjaan, penting kiranya mengetahui manfaat ChatGPT untuk guru di dunia pendidikan. Lantas, apa manfaat ChatGPT untuk guru? Bila tertarik mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan manfaat ChatGPT untuk guru.

Manfaat ChatGPT untuk guru

ChatGPT memiliki banyak manfaat untuk membantu guru dalam menyajikan pembelajaran ke murid. Ada banyak tugas yang bisa dibantu oleh ChatGPT. Namun, tugas-tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT itu secara umum hanya berkaitan dengan teks.

Beberapa manfaat ChatGPT untuk guru atau pengajar antara lain, seperti membantu menyusun bahan ajar, membantu menyusun soal ujian, membantu mengajarkan bahasa asing, dan membantu mengajarkan berpikir kritis.

Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat ChatGPT untuk guru dalam membantu proses pembelajaran ke murid adalah sebagai berikut:

1. Membantu menemukan jawaban

Manfaat ChatGPT untuk guru yang pertama adalah membantu menemukan jawaban dari bermacam-macam pertanyaan murid. ChatGPT dapat menjawab berbagai pertanyaan secara cepat, ringkas, dan mudah dimengerti.

2. Membantu menyusun berbagai soal atau kuis

Kedua, ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun berbagai soal atau kuis. Guru bisa meminta ChatGPT untuk membuatkan soal dengan tingkat kesulitan tertentu sesuai dengan tingkat murid dan tujuan pembelajaran.

3. Membantu menyusun materi pembelajaran

Ketiga, selain membantu menyusun soal, ChatGPT juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun materi pembelajaran. Guru bisa meminta ChatGPT untuk menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif sesuai dengan tujuan pembelajaran.

4. Membantu menyusun rencana pembelajaran

Manfaat ChatGPT untuk guru yang berikutnya adalah membantu menyusun rencana pembelajaran, yang di dalamnya termasuk jangka waktu pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.

5. Membantu mengajarkan bahasa asing

Dikutip dari laman resmi OpenAI, guru dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membantu mengajarkan penguasaan bahasa asing pada murid. ChatGPT dibekali dengan kemampuan bahasa asing yang banyak sekali.

Guru dapat mendorong murid untuk belajar bahasa asing dari ChatGPT, seperti menerjemahkan kalimat, bercakap, mempelajari kosakata baru, dan melihat tata bahasa atau grammar yang benar.

6. Membantu mendorong berpikir kritis

Keenam, Guru dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membantu mendorong siswa atau murid agar berpikir kritis. Guru dapat meminta siswa untuk membandingkan dan mengonfirmasi jawaban dari ChatGPT dengan sumber lain.

7. Menjadikan sebagai rekan belajar murid

Manfaat ChatGPT untuk guru yang ketujuh adalah guru dapat menjadikan ChatGPT sebagai rekan belajar murid.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com