Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Motivation Letter dengan ChatGPT, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/08/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara membuat motivation letter, terutama mereka yang hendak melamar kerja, mendaftar sekolah, atau melamar beasiswa. Sebab, kegiatan tersebut umumnya mewajibkan pengguna melampirkan motivation letter.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

Sebagai informasi, motivation letter adalah surat motivasi atau surat pengantar yang menyatakan keinginan dan alasan pengguna untuk dapat diterima dalam kegiatan lamaran kerja, lamaran beasiswa, atau daftar sekolah.

Lantas, bagaimana cara membuat motivation letter? Untuk membuat motivation letter, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan. Misalnya, pengguna bisa mencari referensi apa saja yang harus termuat dalam motivation letter dan menyusunnya sendiri.

Kemudian, pengguna juga bisa membuat motivation letter dengan melihat contoh yang banyak tersedia di internet. Selain itu, terdapat satu cara lagi yang bisa dibilang lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan ChatGPT.

Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT adalah program chatbot Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model yang dirancang untuk dapat menyajikan jawaban atau tanggapan dari beragam pertanyaan dan perintah pengguna.

Kemampuan ChatGPT itu dapat dimanfaatkan pengguna untuk membuat berbagai konten, salah satunya adalah motivation letter. Cara menggunakan ChatGPT untuk membuat motivation letter itu cukup mudah.

Pengguna tinggal masukkan perintah ke ChatGPT. Kemudian, ChatGPT bakal membuat motivation letter yang sesuai perintah pengguna. Bila tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat motivation letter dengan ChatGPT.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan di Chat GPT, Termasuk Menyusun dan Merangkum Teks

Cara membuat motivation letter dengan ChatGPT

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk membuatkan motivation letter.
  • Kirim prompt tersebut dan tunggu beberapa saat hingga Chat GPT menyajikan contoh motivation letter yang dapat dipakai
  • ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan.
  • Bila kurang puas dengan tanggapan yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lain motivation letter itu dengan klik opsi “Regenerate response”.

Ilustrasi cara membuat motivation letter dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat motivation letter dengan ChatGPT.

Itulah cara membuat motivation letter dengan Chat GPT, cukup mudah bukan? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan motivation letter yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat motivation letter bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

Contoh prompt ChatGPT untuk membuat motivation letter

  • Saya akan mendaftar beasiswa X untuk jenjang pascasarjana yang diselenggarakan oleh lembaga Y. Tolong buatkan motivation letter untuk melamar beasiswa tersebut. Susun motivation letter dengan bahasa profesional dan substansi yang sangat meyakinkan. Dalam motivation lettertersebut, setidaknya harus memuat informasi sebagai berikut:
    • Nama saya sebagai pendaftar: ABCD
    • Latar belakang pendidikan: lulusan Universitas FGHI jurusan ilmu hubungan internasional
    • Tempat dan tanggal pembuatan motivation letter: Jakarta, 17 Agustus 2045

Demikianlah contoh prompt Chat GPT yang dapat dipakai untuk membuat motivation letter. Pengguna tak wajib sama persis mengikuti contoh di atas. Pengguna dapat menyesuaikan sendiri kata-kata prompt ChatGPT sesuai kebutuhan.

Dalam menyusun prompt Chat GPT, pengguna yang terpenting harus dapat memberikan informasi spesifik dan detail untuk menjelaskan keinginannya. Dengan kemampuan ChatGPT, pembuatan motivation letter bisa menjadi lebih mudah.

Baca juga: Cara Mencari Buku Referensi Skripsi dengan Chat GPT dan Contoh Perintahnya

Penting diingat, meski jadi lebih mudah, ChatGPT masih memiliki potensi untuk menyajikan informasi yang tidak akurat. Oleh karena itu, dalam membuat motivation letter, pengguna hendaknya tidak mengambil langsung informasi yang disampaikan ChatGPT.

Informasi yang disajikan Chat GPT sangat disarankan hanya dipakai sebagai contoh atau referensi untuk menyusun sendiri motivation letter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com