Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa TWS Tidak Mengisi Daya? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/10/2023, 12:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - True Wireless Stereo (TWS) merupakan perangkat nirkabel yang berguna untuk mendengarkan audio baik untuk menelepon, maupun mendengarkan musik. Praktis dan mudah digunakan, TWS menjadi andalan pengguna untuk berbagai kebutuhan.

Kendati demikian perangkat elektronik satu ini juga tak terlepas dari eror tertentu. Salah satunya TWS yang tidak dapat mengisi daya saat mengecasnya. Tentu hal ini menjadi masalah tersendiri, terlebih lagi nantinya TWS tidak akan bisa digunakan.

TWS tidak dapat mengisi daya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari konektor atau pengisi daya yang kotor, atau kabel atau masalah daya yang rusak. Lantas bagaimana cara mengatasi TWS yang tidak dapat mengisi daya? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi TWS Harga di Bawah Rp 1 Jutaan

Cobalah mengisi daya lewat stopkontak langsung 

Salah satu masalah mengapa TWS tidak dapat mengisi daya, dikarenakan hub USB yang rusak sehingga tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk mengisi TWS. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba menghubungkan pengisi daya TWS dengan stopkontak langsung.

Cek port TWS

Cobalah untuk mengecek bagian port pengisian daya Anda. Bisa jadi port daya TWS Anda kotor sehingga mengganggu proses pengisian daya. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan port sudah cukup untuk mengisi daya TWS Anda kembali.

Anda bisa membersihkannya dengan cara menghilangkan kotorannya dengan tusuk gigi atau benda tipis apa pun yang bukan logam untuk membersihkan kotoran.

Pastikan port pengisian tidak rusak

Cek apakah port pengisian daya pada TWS ada masalah seperti konektor yang bengkok atau logam yang terlipat. Pastikan juga portnya tidak goyang-goyang ketika disentuh, hal ini bisa jadi pertanda konektornya sudah lepas dari TWS.

Tempatkan TWS secara benar pada tempatnya

Pastikan kedua earbuds Anda benar-benar diletakkan dengan baik di tempatnya, seperti di casing pengisian daya. Beberapa TWS tidak langsung diisi dayanya melalui kabel, namun melalui tempat atau casing yang terhubung dengan kabel.

Jika ini terjadi pada Anda, pastikan TWS ditempatkan dengan benar pada casing sehingga bisa mendapatkan daya dengan baik.

Baca juga: Seperti Apa TWS yang Cocok untuk Aktivitas Kerja Hibrida dan WFA?

Itulah sekilas penyebab dan cara mengatasi TWS tidak dapat mengisi daya dengan baik dan benar. Apabila cara di atas masih saja tidak mengatasi, maka Anda bisa mengganti kabel cas TWS terbaru. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com