Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat ChatGPT untuk Siswa dalam Dunia Pendidikan

Kompas.com - 21/10/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna yang kini tengah menjadi siswa atau murid kiranya penting untuk mengetahui manfaat ChatGPT dalam dunia pendidikan. ChatGPT memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, tak terkecuali di bidang pendidikan.

Pengetahuan atas manfaat atau kegunaan ChatGPT dalam pendidikan dapat membantu siswa memakainya secara tepat. ChatGPT dibekali dengan kemampuan utama untuk menjawab dan menanggapi berbagai perintah pengguna.

Baca juga: Cara Mencari Jawaban Soal Matematika dengan ChatGPT dan Contoh Perintahnya

Dengan kemampuan itu, siswa atau murid yang tengah mengenyam bangku pendidikan bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu menjalani proses pembelajaran. Kehadiran perkembangan teknologi seperti ChatGPT itu perlu dimanfaatkan.

Lantas, apa saja manfaat ChatGPT untuk siswa dalam menjalani proses pembelajaran? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai manfaat ChatGPT untuk siswa dalam dunia pendidikan.

Manfaat ChatGPT untuk siswa

ChatGPT memiliki banyak manfaat untuk membantu siswa dalam menjalani proses pembelajaran. Ada banyak tugas yang bisa dibantu oleh ChatGPT. Namun, tugas-tugas yang bisa dikerjakan ChatGPT itu secara umum hanya berkaitan dengan teks.

Beberapa manfaat ChatGPT untuk siswa antara lain, seperti membantu menjawab pertanyaan, membantu menguasai bahasa asing, membantu belajar berpikir kritis, dan membantu berlatih menulis.

Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat ChatGPT untuk siswa dalam membantu menjalani proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Membantu menemukan jawaban

Manfaat ChatGPT untuk siswa yang pertama adalah membantu menemukan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru. ChatGPT bisa menjawab berbagai pertanyaan secara secara cepat dan ringkas.

2. Membantu menemukan solusi

ChatGPT tidak hanya bisa membantu menemukan jawaban, tetapi juga dapat menyajikan solusi langkah demi langkah dalam menjawab pertanyaan. Contohnya, siswa bisa meminta ChatGPT untuk mengerjakan soal matematika, fisika, atau kimia.

Dalam mengerjakan soal-soal dalam pelajaran tersebut, ChatGPT dapat menyajikan langkah pengerjaannya dan rumus yang digunakan, serta alasan mengapa rumus tersebut cocok dipakai untuk mengerjakan.

3. Membantu menjelaskan konsep

Ketiga, manfaat ChatGPT untuk siswa adalah membantu menjelaskan konsep yang kompleks. Siswa dapat meminta ChatGPT untuk menjelaskan berbagai konsep dalam bahasa yang mudah dimengerti dan dapat ditanya berkali-kali untuk memperjelas.

Dikutip dari laman AI Multiple, dalam menjelaskan konsep yang kompleks, siswa juga dapat meminta ChatGPT untuk menyajikan contoh dan analoginya, sehingga lebih mudah dipahami.

4. Membantu menguasai bahasa asing

ChatGPT menguasai banyak bahasa. Dengan kemampuan itu, siswa dapat memanfaatkan ChatGPT untuk belajar menguasai bahasa asing, seperti menerjemahkan kalimat, bercakap, belajar kosakata baru, dan melihat tata bahasa atau grammar yang benar.

5. Membantu berlatih menulis

Dalam proses pembelajaran, siswa tak jarang diminta untuk menyusun tulisan yang panjang, seperti esai, artikel, atau cerita. ChatGPT dapat dimanfaatkan siswa untuk membantu berlatih menulis berbagai jenis tulisan itu.

Siswa dapat meminta ChatGPT untuk membuat tulisan yang baik dan benar sebagai contoh, sesuai ketentuan yang diminta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com