Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Hands-on Samsung Tab S9 FE, Tablet 5G Murah dengan Stylus S Pen

Kompas.com - 23/10/2023, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan lini tablet Galaxy Tab S9 FE (Fan Edition) series di Indonesia 10 Oktober 2023. Samsung Tab S9 FE merupakan versi murah dari lini flagship Galaxy Tab S9 yang meluncur Juli lalu.

Ada dua model tablet yang dijual, yakni Samsung Galaxy Tab S9 FE versi “reguler” dan Samsung Galaxy Tab S9 FE Plus.

Untuk Samsung Galaxy Tab S9 FE versi “reguler”, dapat dibeli dengan harga Rp 6,4 juta untuk model yang hanya mendukung Wi-Fi, dan Rp 7,4 juta untuk model dengan konektivitas 5G.

Fitur unggulan Samsung Tab S9 FE mencakup layar seluas 10,9 inci, chipset Exynos 1380 berfabrikasi 5 nm, sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP68, serta pena digital (stylus) S Pen.

Fitur IP68 ini pertama kali hadir di tablet Samsung Galaxy Tab S9, S9 Plus, dan S9 Ultra kemudian diwariskan ke model Fan Edition. Karena model "murah" dari Galaxy Tab S9, ada beberapa spesifikasi yang dipangkas.

Sejumlah spesifikasi Samsung Tab S9 FE yang dipangkas dari Tab S9 “reguler” mencakup materi layar, refresh rate, dan resolusi kamera.

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab S9 FE dan S9 FE Plus Meluncur, Harga mulai Rp 6 Jutaan

Nah, KompasTekno berkesempatan untuk melakukan unboxing dan menjajal Samsung Tab S9 FE. Model yang kami terima adalah varian konektivitas 5G dengan warna Graphite. Berikut ulasannya.

Membuka kotak kemasan

Kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S9 FE didominasi oleh warna putih. Pada bagian depan boks, terdapat ilustrasi tablet S9 FE beserta pena digital yang melengkapinya.

Ada pula tulisan “Galaxy Tab” berwarna abu-abu di atas ilustrasi tersebut, dan teks “Galaxy Tab S9 FE 5G” berwarna hitam di bagian bawah.

Tulisan di bagian bawah tersebut menunjukkan tablet yang diterima memiliki konektivitas 5G, bukan Wi-Fi. Jika membeli model Wi-Fi, pengguna bakal melihat tulisan “Galaxy Tab S9 FE”.

Bagian kanan dan kiri boks memuat teks Samsung dan model tablet yang dibeli, sedangkan bagian bawah kosong, serta bagian atas dilengkapi data identifikasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Lalu, bagian belakang terdapat informasi bahwa ketersediaan 5G tergantung negara, penyedia jaringan dan layanan, serta lingkungan pengguna. Informasi ini cukup penting mengingat jaringan 5G belum tersedia di beberapa negara. Adapun di Indonesia, ketersediaan konektivitas 5G masih sangat terbatas.

Ketika boks dibuka, pengguna akan langsung disambut dengan secarik kertas terkait IMEI, kemudian satu unit tablet Samsung Galaxy S9 FE.

Paket penjualan Samsung Galaxy Tab S9 FE  mencakup satu unit tablet Samsung Tab S9 FE, kartu garansi resmi, SIM card ejector, kabel pengisian daya, dan stylus S Pen. Kepala charger tidak disediakan dalam kotak penjualan.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Paket penjualan Samsung Galaxy Tab S9 FE mencakup satu unit tablet Samsung Tab S9 FE, kartu garansi resmi, SIM card ejector, kabel pengisian daya, dan stylus S Pen. Kepala charger tidak disediakan dalam kotak penjualan.
Tablet ini dibalut dengan plastik putih dengan tulisan “Samsung” di bagian tengahnya. Setelah mengambil tablet, pengguna akan menemukan kartu garansi resmi, SIM card ejector, kabel pengisian daya, dan stylus S Pen.

Kotak penjualan tidak mencakup kepala charger (adapter), sehingga pengguna yang membutuhkan harus membeli adapter secara terpisah.

Baca juga: Ini Dia Hasil Benchmark Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Termahal Samsung

Desain: ringan dan mudah dibawa

Secara desain, Samsung Galaxy Tab S9 FE yang kami terima memiliki warna abu-abu. Pada bagian pinggir kiri dan kanan bodi, terdapat garis berwarna gelap sehingga desainnya tidak monoton.

Tablet ini mempunyai dimensi 165,8 mm (tinggi) x 254,3 mm (lebar) x 6,5 mm (ketebalan) dengan bobot 524 gram.

Dengan ukuran seperti ini, tablet mid-range ini tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa, termasuk ketika menggunakan satu tangan. Penggunaan dengan satu tangan lebih cocok ketika mengoperasikan tablet dalam posisi vertikal atau portrait.

Sementara itu, penggunaan dua tangan lebih nyaman ketika mengoperasikan tablet dalam posisi horizontal atau landscape.

Adapun tablet ini tampaknya dirancang untuk digunakan secara landscape. Sebab, posisi kamera selfie berada di tengah, ketika tablet digunakan secara horisontal.

Di sisi lain, kamera selfie berada di bagian pinggir kanan tablet, jika dioperasikan secara vertikal.

Masih soal desain, bodi Samsung Tab S9 FE dibuat dengan logam, sehingga kokoh dan tidak mudah rusak.

Saat mengoperasikan tablet, bodi terasa tidak terlalu licin. Kendati demikian, pengguna sebaiknya tetap berhati-hati, agar tidak menjatuhkan perangkat tersebut. Selain itu, bagian punggung tidak meninggalkan bekas sidik jari ketika dipegang.

Di bagian punggung, terdapat sebuah sensor kamera belakang beresolusi 8 MP, turun dari 13 MP milik Galaxy Tab S9 series.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com