Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar HP Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Hari Ini

Kompas.com - 24/10/2023, 13:20 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan populer WhatsApp kini sudah tak mendukung smartphone yang menjalankan sistem operasi (OS) Android versi lawas.

Hal ini diumumkan WhatsApp melalui laman pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) yang diunggah di blog resmi mereka. 

Dalam pengumuman tersebut tercantum bahwa mulai hari ini, Jumat (24/10/2023), WhatsApp sudah tak bisa dipakai lagi di ponsel dengan OS Android versi 4.4 (KitKat) ke bawah, termasuk untuk versi OS Android 4.1-4.3 (Jelly Bean). 

Artinya, pengguna minimal harus memiliki smartphone dengan OS Android 5.0 (Lollipop) atau terbaru supaya bisa bercakap-cakap dengan teman dan keluarganya melalui WhatsApp. 

 Baca juga: Daftar HP Android dan iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per 24 Oktober

Sebelum adanya kebijakan baru ini, alias sebelum 24 Oktober 2023, aplikasi WhatsApp masih bisa berjalan di ponsel dengan OS Android 4.1-4.4.

Apabila pengguna memaksa untuk memasang (install) WhatsApp di ponsel dengan OS Android versi tersebut, maka mereka kemungkinan dihadang oleh sistem dan aplikasi WhatsApp tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Nah, informasi pemberhentian dukungan WhatsApp untuk versi Android 4.4 ke bawah sendiri sebenarnya bukan hal baru yang mengejutkan.

Pasalnya, WhatsApp belakangan kerap memberikan notifikasi pada pengguna ponsel dengan OS Android tersebut agar mereka menggunakan ponsel Android dengan OS yang lebih baru.

Maskot Android KitKatDokumentasi Sundar Pichai, kepala produk Android dan Chrome, via Google Maskot Android KitKat

Selain itu, penyetopan WhatsApp di ponsel-ponsel Android lawas juga bisa dibilang cukup masuk akal. 

Sebab, selain ponsel Android lawas mungkin memiliki penurunan performa, jumlah pengguna yang memakai ponsel dengan OS Android versi 5.0 ke bawah juga tampaknya semakin sedikit seiring berjalannya waktu. 

Baca juga: 10 HP Android Mahal Terkencang September 2023 Versi Antutu

Bahkan menurut AppBrain, jumlah pengguna OS Android KitKat hanya berkisar di angka 0,4 persen saja dari total keseluruhan pengguna OS Android yang ada di dunia saat ini. Sedangkan untuk pengguna OS Android Lollipop hanya berkisar 1,6 persen. 

Jadi, wajar saja apabila WhatsApp menghentikan dukungan aplikasi untuk ponsel dengan OS Android lawas (4.4 ke bawah), lantaran jumlah pengguna beragam OS Android lawas tersebut sudah sedikit.

Di samping itu, mayoritas dari mereka mungkin sudah beralih ke ponsel dengan OS Android yang lebih baru, yang kemungkinan besar akan memiliki performa lebih baik dari ponsel Android dengan versi OS lebih lawas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com