Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Printer Multifungsi HP yang Cocok untuk UMKM Indonesia

Kompas.com - 24/10/2023, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, ternyata banyak yang menggunakan printer untuk menjalankan usahanya. Hal ini terungkap dalam studi terbaru yang dipublikasi Hewlett-Packard (HP) baru-baru ini.

Di Indonesia, pelaku UMKM mencari printer yang multifungsi (47 persen), mudah digunakan (49 persen), dan nyaman (52 persen).

HP sebagai salah satu produsen printer terkemuka menghadirkan lini printer HP Smart Tank terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen, termasuk konsumen dari segmen UMKM. Printer ini memiliki tanki tinta yang bisa diisi ulang.

Managing Director HP Indonesia, Lim Choon Teck mengatakan, ada dua printer baru HP yang cocok untuk pemilik UMKM, yaitu HP Smart Tank 700 dan HP Smart Tank 500 series.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Printer, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya

HP memiliki berbagai macam seri printer. Nah, Smart Tank merupakan seri printer inkjet supertank dari HP. Printer model ini mengunggulkan kemampuan pencetakan halaman yang sangat tinggi.

Di Indonesia, HP sudah memasarkan beberapa printer Smart Tank 500 dan 700 series. Misalnya, printer HP Smart Tank 750 terbaru bisa mencetak (print), memindai (scan), dan menyalin (copy) dokumen hingga 6.000 halaman hitam dan 8.000 halaman warna. Printer ini dijual seharga Rp 5,1 juta.

Salah satu keunggulan dari printer ini adalah dukungan aplikasi "HP Smart". Dengan aplikasi HP Smart, pengguna bisa mencetak (print) dan memindai (scan) dokumen secara langsung melalui ponsel dan berbagi secara instan via cloud.

"Mengingat prioritas pemilik bisnis saat ini, kemampuan menyediakan pencetakan yang lancar, berkelanjutan, serta mobile dengan kapasitas dan kinerja tinggi menjadi sangat penting bagi kelancaran usaha mikro yang sedang berkembang pesat," kata Choon Teck, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: HP Perkenalkan Smart Tank 580, Printer yang Bisa Dikendalikan dari Jauh dengan Smartphone

Bila ingin memiliki printer wireless dengan harga yang lebih murah, pelaku UMKM bisa membeli printer HP Smart Tank 585 seharga Rp 3,2 juta. Printer ini disebut bisa print, scan, dan copy hingga 6.000 halaman hitam dan 6.000 halaman warna.

Printer ini sudah dilengkapi WiFi dan bisa mencetak via ponsel. Namun, printer ini belum mendukung aplikasi HP Smart.

Pelaku UMKM bisa menilik situs resmi HP untuk melihat deretan printer HP yang mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca juga: PC Rasa Laptop HP Envy Move Dijual di Indonesia 30 Oktober, Ini Harganya

Tembus 13 juta pengguna

Dalam acara SXSW Sydney 2023 di Australia 15-22 Oktober 2023, HP berkomitmen menghadirkan produk printer yang berkelanjutan dengan menggunakan 25-60 persen bahan daur ulang plastik.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dalam acara SXSW Sydney 2023 di Australia 15-22 Oktober 2023, HP berkomitmen menghadirkan produk printer yang berkelanjutan dengan menggunakan 25-60 persen bahan daur ulang plastik.
Pekan lalu, saat acara South by Southwest atau SXSW Sydney 2023 di Australia, HP mengungkapkan bahwa sudah ada lebih dari 13 juta pengguna printer HP Smart Tank di dunia. Menurut HP, ini adalah sebuah pencapaian yang berharga.

Tahun ini, HP juga berkomitmen untuk terus menghadirkan printer yang berkelanjutan. Misalnya, 25-45 persen beberapa model HP Smart Tank dibuat dari daur ulang plastik. Lalu, setidaknya 60 persen material printer DeskJet Ink series sudah dibuat dari daur ulang plastik.

Upaya lain yang dilakukan HP untuk menghadirkan printer yang berkelanjutan adalah dengan menyertakan amplop daur ulang di kotak kemasan tinta. Dengan begitu, pengguna bisa mengirimkan tinta yang kosong untuk didaur ulang.

Baca juga: Menjajal Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Seharga Rp 75 Juta di SXSW Sydney

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com