Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Printer Baru

Kompas.com - 23/06/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Printer merupakan salah satu perangkat elektronik percetakan yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan. Bagi Anda yang bekerja dalam bidang administrasi maupun pendidikan, tak jarang membutuhkan printer terbaik agar dapat memenuhi kebutuhan dalam mencetak dokumen dan gambar.

Nah bagi Anda yang akan membeli printer baru, tentu terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Beberapa hal ini penting dipertimbangkan agar mendapatkan jenis printer terbaik dan sesuai kebutuhan. 

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan meliputi  jenis printer, kecepatan, hingga kualitas dalam pencetakannya. Maka dari itu untuk membantu Anda mendapatkan printer sesuai kebutuhan, selengkapnya berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli printer baru.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Printer “Operation Failed with Error 0x00011b” di Windows 10

Jenis printer

Pertimbangkan jenis printer yang dibutuhkan. Di pasaran terdapat berbagai jenis printer.  Namun sebagian pengguna sering menjadikan printer inkjet atau laser sebagai pilihannya. Printer inkjet menggunakan tinta cair yang disemprotkan lewat nozzle ke kertas. Biasanya digunakan untuk pencetakan dokumen, gambar atau foto.

Sedangkan printer laser memiliki cara kerja dengan teknologi laser. Biasanya printer laser akan menghasilkan hasil cetakan yang tajam dan tahan lama. Cocok digunakan dalam lingkungan perkantoran. Selain itu dari segi kecepatan, printer laser memiliki daya cetak lebih cepat.

Kualitas cetak

Dots per Inch (DPI) atau titik per inch merujuk pada resolusi cetakan yang dihasilkan oleh printer. Hal ini mengacu pada jumlah titik pada resolusi cetakan. Baik printer inkjet atau laser biasanya menawarkan berbagai pilihan DPI.

Pada printer inkjet, rentang DPI biasanya berkisar dari 600 x 600 hingga 4.800 x 4.800 atau bahkan bisa lebih tinggi. Nilai DPI yang lebih tinggi biasanya menghasilkan cetakan yang lebih tajam dan detail, terutama untuk grafik, foto, atau teks halus.

Demikian pula printer laser juga menyediakan opsi DPI yang menentukan resolusi dokumen yang dicetak. Printer laser biasanya menawarkan resolusi seperti 600 x 600 DPI, 1200 x 1200 DPI, atau lebih tinggi.

Perawatan printer

Saat akan membeli printer, penting untuk mempertimbangkan biaya berkelanjutan yang terkait dengan tinta atau kartrid toner dan persyaratan perawatan. Cek juga garansi printer dan pastikan mendapatkan dukungan teknis agar memudahkan Anda apabila terjadi hal terkait service printer.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Windows Tidak Terhubung ke Printer

Konektivitas printer

Pastikan printer memiliki opsi konektivitas yang sesuai dengan perangkat. Pilih printer dengan opsi USB, WiFi, yang memudahkan penggunaan untuk berbagi printer di jaringan.

Fitur printer All-in-One

Saat ini terdapat berbagai jenis printer yang memiliki berbagai fitur lengkap. Salah satunya printer all-in-one. Printer all in one cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti fotokopi, scan, hingga mengirim faksimile. Bagi Anda yang cukup sering membutuhkan fitur-fitur di atas dapat mempertimbangkan untuk membeli printer all-in-one agar mendapatkan fitur-fitur yang digunakan sekaligus dalam satu perangkat. 

Kecepatan printer

Kecepatan printer juga menjadi pertimbangan Anda saat membeli printer. Apabila printer dibutuhkan untuk lingkungan perkantoran, printer jenis laser bisa menjadi pertimbangan karena memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat agar menunjang produktivitas karyawan. 

Baca juga: Printer Canon Pixma G570 dan G670 Meluncur di Indonesia, Punya 6 Warna Tinta

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli printer baru. Perhatikan juga anggaran dan biaya operasional selama menggunakan printer. Anda dapat mempertimbangkan beberapa aspek di atas jauh hari sebelum membeli printer agar mendapatkan perangkat terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com