Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Buka Lowongan Kerja, Ini Keahlian yang Dibutuhkan

Kompas.com - 25/10/2023, 12:02 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Apple membuka serangkaian lowongan pekerjaan. Dari lowongan yang dibuka, Apple terlihat ingin lebih gencar mengembangkan produk yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence).

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat ini membuka lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian mengenai AI.

Informasi tersebut diketahui dari laman resmi Apple di Careers at Apple. Situs tersebut menuliskan spesifikasi khusus, seperti pelamar yang mendaftar harus memiliki pengalaman dan keahlian khusus di bidang AI generatif.

Meski sebelumnya Apple sudah membuka lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan AI generatif, baru kali ini perusahaan menuliskan informasi spesifik di kolom kualifikasi pekerjaan.

Pantauan KompasTekno, saat mengetik kata kunci “AI” atau “Artificial Intelligence” di kolom pencarian (Search), muncul deretan daftar lowongan kerja yang punya keterkaitan dengan produk AI. Misalnya, “Machine Learning Engineer” di divisi Software dan Services.

Kualifikasi dari pekerjaan tersebut menegaskan bahwa Apple mencari teknisi yang berpengalaman di bidang pembelajaran mesin (machine learning).

Lowongan kerja di bagian toko aplikasi Apple App Store juga membutuhkan kualifikasi serupa. Apple menulis pelamar harus memiliki pengalaman mengembangkan teknologi berbasis AI untuk penggunaan internal, serta membantu developer mengembangkan aplikasi bikinan Apple.

Lowongan kerja di divisi lain, seperti di departemen ritel Apple, juga membutuhkan keahlian dalam kecerdasan buatan.

Pasalnya, posisi yang dibutuhkan mewajibkan pelamar dapat menggunakan conversational AI atau AI untuk percakapan, dalam proses interaksi teks dan verbal dengan konsumen.

Baca juga: Perusahaan Perakit iPhone Gandeng Nvidia Bikin Pabrik AI

“Peran ini akan memimpin tim Conversational Engineering kami dan akan dikontrak untuk memberi dialog yang alami dan natrual bersama pelanggan melalui platform Conversational AI kami (menggunakan suara atau teks),” jelas Apple.

Meski sebelumnya Apple sudah membuka lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan AI generatif, baru kali ini perusahaan mencatutkan informasi spesifik di kolom kualifikasi pekerjaan.

Jika Anda tertarik melihat daftar lowongan pekerjaan yang dibuka Apple, Anda dapat mengeklik tautan berikut ini.

Investasi miliaran rupiah buat AI

Daftar lowongan pekerjaan di atas tampaknya sejalan dengan bocoran yang diumbar oleh wartawan teknologi Bloomberg bernama Mark Gurman, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (25/10/2023).

Dalam laporannya beberapa waktu lalu, Apple disebut sudah berinvestasi setidaknya 1 miliar dollar AS (berkisar Rp 15,8 triliun, estimasi kurs hari ini Rp 15.840) per tahun untuk mengembangkan produk dan fitur berbasis AI.

Laporan tersebut diterima Gurman dari pihak internal yang dekat dengan permasalahan ini. Apple berencana mengadopsi model bahasa besar (Large Language Model/ LLM) untuk mentenagai asisten virtualnya, Siri, dan aplikasi berkirim pesan, Messages.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com