Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Foto "Zoom" Konser Hindia, BTS, dan Raisa dengan Samsung S23 Ultra, iPhone 15 Mana Bisa

Kompas.com - 26/10/2023, 14:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 Ultra layak dinobatkan sebagai HP konser untuk tahun 2023 ini. Hal ini berkat kamera 200 MP, dua kamera telefoto zoom optis 3x dan 10x, serta space zoom hingga 100x.

KompasTekno sudah beberapa kali membawa Samsung S23 Ultra ke sejumlah konser, seperti Raisa Live in Concert (Februari 2023) dan Agust D (Suga BTS) D-Day Tour in Jakarta (Mei 2023).

Yang paling baru, kami membawa Galaxy S23 Ultra untuk menonton konser Hindia (Baskara Putra) dan Soegi Bornean secara eksklusif di ajang pameran teknologi, seni, dan film South by Southwest (SXSW) Sydney 2023 pekan lalu.

Hindia dan Soegi Bornean menjadi perwakilan musisi asal Indonesia yang berkesempatan tampil di panggung internasional tersebut.

Saat menonton konser Hindia dan Soegi Borneo, kami mengandalkan kamera Galaxy S23 Ultra untuk mengambil foto dan video. Secara umum, hasil foto Galaxy S23 Ultra bagus. Apalagi hasil zoom kameranya yang "gak ada obat", kalau kata anak zaman sekarang.

Hasil foto konser Soegi Borneo di siang hari terlihat tajam dan terang, seperti gambar di bawah.

Soegi Bornean tampil di panggung SXSW Sydney 2023. Foto ini dijepret menggunakan kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x) Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Soegi Bornean tampil di panggung SXSW Sydney 2023. Foto ini dijepret menggunakan kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x) Samsung S23 Ultra.

Potret panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di taman Tumbalong dari jarak jauh. Foto ini diambil dengan kamera Galaxy S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Potret panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di taman Tumbalong dari jarak jauh. Foto ini diambil dengan kamera Galaxy S23 Ultra.
Hal yang membuat kami kagum adalah hasil foto zoom di kondisi cahaya lowlight. Konser memang biasanya dilakukan di area indoor atau di outdoor saat malam hari dengan efek cahaya (lighting) yang spektakuler. Kondisi cahaya saat konser tak jarang membuat hasil foto terlalu gelar, terlalu terang, berpendar, atau memiliki noise yang terlalu kencang.

Namun, dengan Samsung Galaxy S23 Ultra, kami bisa mengabadikan Baskara Putra manggung di bar Civic Underground, Sydney dengan epik. Hasil foto Hindia tetap jernih, tajam, dan detail meski diperbesar 3x dan 10x.

Hindia tampil di Civid Underground, Sydney dalam rangka SXSW Sydney 2023. Foto ini diambil dengan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra. Hasilnya tajam, detail, dan bagus di kondisi lowlight.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hindia tampil di Civid Underground, Sydney dalam rangka SXSW Sydney 2023. Foto ini diambil dengan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra. Hasilnya tajam, detail, dan bagus di kondisi lowlight.

Hasil foto Hindia di Sydney menggunakan Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto Hindia di Sydney menggunakan Samsung S23 Ultra.
Kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x) mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x) mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.
Samsung S23 Ultra juga bisa diandalkan untuk menonton konser di venue yang lebih besar seperti Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD dan stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Baca juga: Memotret Konser Raisa Menggunakan Telefoto Samsung Galaxy S23 Ultra

Saat menonton konser Agust D (Suga BTS) D-Day Tour in Jakarta, kami berada di area festival, tepatnya di CAT 1A agak belakang. Jarak tempat kami berdiri ke panggung lumayan jauh.

Dengan kondisi cahaya lowlight, efek lighting yang warna-warni, dan sedikit berdesakan, kami tetap bisa mengambil gambar yang stabil dan jernih berkat Galaxy S23 Ultra. Meski, kami memotret dan merekamnya hanya bermodal topangan tangan dan sambil berjoget "tipis" mengikuti irama musik.

Selama konser Suga BTS, kami menggunakan kamera utama 200 MP (zoom 1x) untuk merekam suasana panggung dan penonton dalam bidang yang luas (wide). Hasilnya, fancam memiliki kualitas HD alias jernih dan terang.

Baca juga: Melihat Senyum Suga BTS Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Kami berdiri cukup jauh dari panggung, sehingga kami banyak memanfaatkan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra dengan zoom optis 3x dan 10x untuk memotret Suga lebih dekat.

Momen Agust D menyanyikan lagu People Pt.2. Foto ini diambil menggunakan kamera Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Momen Agust D menyanyikan lagu People Pt.2. Foto ini diambil menggunakan kamera Samsung S23 Ultra.
Suga BTS dan team Suga berpamitan setelah konser D-Day Tour in Jakarta sukses digelar Jumat (26/5/2023). Foto ini dijepret menggunakan kamera Samsung S23 UltraKOMPAS.com/ Caroline Saskia Suga BTS dan team Suga berpamitan setelah konser D-Day Tour in Jakarta sukses digelar Jumat (26/5/2023). Foto ini dijepret menggunakan kamera Samsung S23 Ultra
Agust D alias Suga BTS dalam bidikan Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto & Caroline Saskia Agust D alias Suga BTS dalam bidikan Samsung S23 Ultra.
Kemampuan kamera Galaxy S23 Ultra juga pernah kami uji untuk menonton konser Raisa Live on Stage di GBK. Ketika itu, kami menonton dari tribun GBK, lebih tepatnya di kategori silver right.

Jarak dari tempat duduk kami ke panggung bisa dikatakan sangat jauh. Kami pun sangat mengandalkan fitur zoom untuk mendapatkan gambar yang lebih dekat ke panggung dan Raisa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com