Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Dibuat Beku 6 Jam, Masih Aman Dipakai?

Kompas.com - 19/06/2023, 11:06 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung dan Apple merilis smartphone unggulannya masing-masing pada Februari 2023 dan September 2022 lalu. Kedua perangkat kelas atas (flagship) ini adalah Galaxy S23 series dan iPhone 14 series.

Dari perangkat yang diperkenalkan, Samsung S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max menjadi model tertinggi karena dibekali spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang “saudranya” yang lain.

Misal, dari segi ketahanan, Samsung Galaxy S23 Ultra diklaim memiliki layar yang lebih kuat karena dilapisi kaca pelindung Gorrila Glass Victus 2. Kaca pelindung tersebut diklaim dapat tahan jatuh dari ketinggian 1–2 meter.

Sementara itu, bodi iPhone 14 Pro Max sudah dilapisi kaca berbahan Ceramic Shield yang diklaim dapat tahan goresan di tingkat ke-6 dalam skala kekerasan mineral Mohs.

Guna membuktikan klaim dari kedua perangkat, YouTuber sekaligus pembocor gadget TechDroider menguji coba ketahanan Samsung S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Harga Asli Samsung Galaxy S23 Ultra Disebut Hanya Rp 7 Juta

Dalam video berdurasi tiga menit delapan detik yang diunggal ke kanal YouTube-nya, YouTuber gadget itu menenggelamkan kedua ponsel ke dalam sparkling water menggunakan wadah kotak plastik. S

Setelah terendam air berkarbonasi, kotak di masukkan ke dalam kulkas selama enam jam. Lantas, apakah kedua perangkat masih dapat menyala?

Masihkah dapat menyala?

Kondisi Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 14 Pro Max (kiri) yang sudah dibekukan selama enam jam di kulkasYouTube/Tech Droider Kondisi Galaxy S23 Ultra (kiri) dan iPhone 14 Pro Max (kiri) yang sudah dibekukan selama enam jam di kulkas
Sebelum direndam sparkling water, kreator tersebut memastikan bahwa kondisi layar, kamera, speaker smartphone sedang dalam kondisi baik dan tidak bermasalah.

Setelah itu, kedua perangkat baru dimasukkan ke dalam kotak plastik untuk direndam air. TechDroider menggunakan setidaknya tiga kaleng dan satu botol kaca sparkling water.

Kotak plastik tersebut ditutup dan dimasukkan ke dalam freezer selama enam jam. Setelah dikeluarkan, kedua perangkat sudah dalam keadaan beku.

Meski dalam kondisi beku, layar dari iPhone 14 Pro Max dan Samsung Galaxy S23 Ultra masih dapat menampilkan mode Always on Display (AoD). Tampilan layar masih dapat terlihat secara samar-samar.

“Dari yang saya lihat, tampilan Always on Display pada layar masih menyala. Saya akan membersihkan sisa es beku pada perangkat menggunakan air hangat” ujar TechDroider.

Kedua ponsel diletakkan di lantai dalam posisi layar menghadap ke bawah. Sisa es beku yang masih menempel dibersihkan melalui semprotan air hangat. Ketika ponsel sudah dikeringkan, TechDroider menguji coba kembali fungsi dari kedua perangkat

Layar normal

Kondisi layar S23 Ultra yang dapat berfungsi dengan baik walau sudah dibekukan menggunakan sparkling water selama enam jamYouTube/Tech Droider Kondisi layar S23 Ultra yang dapat berfungsi dengan baik walau sudah dibekukan menggunakan sparkling water selama enam jam

Layar iPhone 14 Pro Max dan Galaxy S23 Ultra tampak baik-baik saja dan masih dapat menyala seperti sebelumnya. Tidak ada perubahan warna, bercak, ataupun noda pada layar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com