Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Aplikasi Bantu Bikin Surat Lamaran Kerja Lebih Efisien dan Cepat

Kompas.com - 29/10/2023, 14:36 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Surat lamaran kerja menjadi dokumen penting untuk dilampirkan saat akan melamar pekerjaan. Selain CV, surat lamaran kerja berguna sebagai pelengkap untuk melamar posisi yang relevan dan yang dituju.

Untuk membuat lamaran kerja, pelamar harus merangkai kalimat yang selaras dengan pekerjaan yang akan dilamar dan perusahaan yang dituju. Biasanya sebagian pelamar cukup bingung dalam merangkai kata dan kalimat.

Salah satu solusi yang bisa dipakai adalah dengan mencari berbagai template surat lamaran kerja di berbagai situs. Namun terdapat alternatif lain yang bisa dilakukan pelamar untuk membuat surat lamaran kerja. Salah satunya dengan memanfaatkan chatbot ChatGPT.

Selain ChatGPT, terdapat beberapa aplikasi lain yang bisa membantu pelamar memaksimal surat lamaran kerjanya. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja via ChatGPT, Mudah Tinggal Masukkan Perintah

ChatGPT

Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja di ChatGPTKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara membuat surat lamaran kerja di ChatGPT

ChatGPT merupakan chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis Languange Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI. Chatbot satu ini dapat menjawab atau menanggapi beragam pertanyaan dengan luwes sesuai perintah.

Begitu juga dengan perintah untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Pengguna bisa membuat instruksi mengenai perintah membuat surat lamaran pekerjaan sesuai dengan preferensi masing-masing dan bahasa yang dibutuhkan.

Misalnya saja Anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan sebagai software developer, maka cukup menulis instruksi “Buatkan surat lamaran kerja software developer di perusahaan A” Nantinay ChatGPT akan menampilkan template lamaran pekerjaan yang bisa Anda elaborasi kembali.

Canva

Ilustrasi membuat surat lamaran pekerjaanKompas.com/soffyaranti Ilustrasi membuat surat lamaran pekerjaan

Canva menjadi salah satu platform dan aplikasi desain yang memungkinkan pengguna bisa membuat beragam kebutuhan. Salah satunya membuat surat lamaran kerja atau desain CV.

Di Canva, pengguna bisa mencari template CV dan surat lamaran kerja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Cara membuat CV di Canva dapat mengikuti cara ini.

  • Buka aplikasi Canva di HP atau login di browser di https://www.canva.com/ 
  • Login menggunakan akun Canva dan Gmail Anda
  • Pada kolom pencarian ketikkan “CV” atau “CV ATS”
  • Nantinya akan muncul beragam template CV yang bisa Anda gunakan
  • Edit sesuai kebutuhan
  • Apabila desain telah selesai maka Anda bisa menyimpan CV dengan format dokumen maupun gambar

Remove.bg

Remove.bgRemove.bg Remove.bg

Remove.bg merupakan situs yang berguna untuk menghapus background foto. Umumnya saat melamar pekerjaan, pelamar diharuskan melampirkan foto dengan warna latar belakang tertentu.

Apabila Anda memiliki foto formal dengan warna latar belakang tidak sama, cukup menggantinya di situs remove.bg. Cara ganti background di remove.bg dapat mengikuti cara berikut ini.

  • Buka situs https://www.remove.bg/ 
  • Klik “Unggah gambar”
  • Selanjutnya tunggu beberapa detik dan foto akan menghapus backgorund asli
  • Setelah itu Anda dapat mengeditnya di aplikasi Canva

Cara mengedit background di Canva

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com