Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 13 Tiramisu Paling Populer Saat Ini, Lollipop Masih Ada yang Pakai

Kompas.com - Diperbarui 02/11/2023, 06:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Google merilis daftar sistem operasi (OS) Android terpopuler saat ini, mulai dari yang banyak hingga yang sedikit digunakan.

Dalam data Android Studio, tools khusus yang disediakan untuk pengembang Android, terungkap bahwa sistem operasi (OS) Android 13 menjadi OS yang paling banyak terpasang di perangkat aktif, per 1 Oktober 2023.

Ini merupakan kali pertama bagi Android dengan kode Tiramisu itu menduduki peringkat puncak dalam daftar OS Android terpopuler.

Bila dirinci, pangsa pasar Android 13 kini sebesar 22,4 persen. Pertumbuhan OS yang rilis Agustus 2022 itu juga terbilang signifikan, khususnya dalam lima bulan terakhir. Sebab, pada Mei lalu jumlah instalasinya masih sebesar 15 persen.

Baca juga: Pengguna iPhone Vs Android, Siapa yang Lebih Setia?

Menariknya Android 11 menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 21,6 persen. Padahal, OS ini terbilang lawas karena dua generasi di atas Android 13. OS ini diluncurkan pada tahun 2020.

Hal menarik lainnya yaitu Android 10 Q yang persentase pangsa pasarnya sampai 16,1 persen, melampaui Android 12.

Adapun Android 12 Snow Cone justru berada di belakang Android 10, dengan pangsa pasar 15,8 persen. Padahal, OS ini umurnya baru dua tahun karena rilis ke publik pada Oktober 2021.

Sisanya, OS Android lawas yang jumlah instalasinya menurun seiring waktu. Kendati begitu, Android 9 Pie masih punya pangsa pasar yang cukup besar, yakni 10,5 persen. Berikut daftar OS Android yang paling populer, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (1/11/2023).

Daftar OS Android terpopuler

  1. Android 13 Tiramisu - 22,4 persen
  2. Android 11 Red Velvet Cake - 21,6 persen
  3. Android 10 Q - 16,1 persen
  4. Android 12 Snow Cone - 15,8 persen
  5. Android 9 Pie - 10,5 persen
  6. Android 8 Oreo - 7,3 persen
  7. Android 7 Nougat - 2,6 persen
  8. Android 6 Marsmallow - 1,9 persen
  9. Android 5 Lollipop - 1,4 persen

Perlu dicatat bahwa data di atas belum termasuk OS Android 14. Sebab, OS ini masih terbilang baru dan belum begitu banyak diadopsi di perangkat Android.

Selain itu, data di atas juga diperbarui per 1 Oktober 2023, sedangkan Android 14 versi final baru rilis 4 Oktober bersamaan ponsel baru Google, Pixel 8 series.

Android 14 jadi OS terbaru

Android 14 menjadi OS generasi paling baru dari Android karena baru dirilis versi final pada awal Oktober ini.

Baca juga: Fitur Baru di Android 14 Ini Ditiru Google dari Samsung

OS penerus Android 13 itu membawa sejumlah fitur baru seperti penyesuaian layar kunci baru, perlindungan privasi, kontrol lebih besar atas kesehatan, serta meningkatkan aksesibilitas,

Salah satu fiturnya yaitu Kustom Lock screen. Dengan dukungan ini, pengguna Android 14 bisa menyesuaikan alias kustom tampilan layar kunci (lock screen) perangkat miliknya. Misalnya, memasang model jam dengan berbagai gaya baru, selain jam yang sudah disediakan sistem.

Fitur baru Android 14, pengguna bisa kustom tampilan lock screen dengan jam dan shortcut.Blog Google Fitur baru Android 14, pengguna bisa kustom tampilan lock screen dengan jam dan shortcut.

Pengguna juga bisa memilih font, warna, ukuran dan desain jam yang diinginkan. Ada pula pintasan (shortcut) baru di layar kunci ponsel.

Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses aplikasi atau menu yang paling sering dipakai langsung dari layar kunci. Misalnya menyalakan senter, membuka e-wallet, hingga kamera untuk memindai kode QR tanpa perlu membuka layar kunci.

Fitur Android 14 lainnya bisa disimak lewat artikel "Android 14 Versi Final Resmi Meluncur"

Soal ketersediaannya, Android 13 langsung terpasang di Pixel 8 serta Pixel 8 Pro, Android 14 juga sudah bisa di-download di 11 HP Google Pixel sebelumnya, termasuk Pixel 4a (5G), berikut rincian daftarnya:

  • Pixel 4a (5G)
  • Pixel 5
  • Pixel 5a
  • Pixel 6
  • Pixel 6 Pro
  • Pixel 6a
  • Pixel 7
  • Pixel 7Pro
  • Pixel 7a
  • Pixel Fold
  • Pixel Tablet

Kesebelas perangkat Pixel itu bisa melakukan upgrade OS Android 14 secara (Over the Air) atau mengunduh dan instal data pembaruan sistem operasi langsung menggunakan internet.

Dalam blog resmi Google, VP Engineering Android, Dave Burke mengungkapkan Android 14 bakal bisa di-download oleh smartphone Samsung Galaxy, iQOO, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi mulai akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com