Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Termurah Apple Music Dihentikan Mulai November

Kompas.com - 02/11/2023, 15:31 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan musik alir, Apple Music, menutup paket berlangganan termurahnya di AS yang bernama “Voice”.

Mulanya, paket langganan yang tersedia terdiri dari empat jenis, yakni Voice, Student, Individual, dan Family. Kini, paket langganan Voice sudah dihilangkan dan tersisa tiga paket saja.

Dari semua paket yang ditawarkan di Apple Music, Voice adalah yang  termurah. Di Amerika Serikat misalnya, langganan Voice dihargai 5 dollar AS (sekitar Rp 80.000, estimasi kurs hari ini Rp 15.851) per bulannya.

Baca juga: Hasil Benchmark Chip Apple M3 Muncul di Geekbench, Skornya Sesuai Klaim

Paket-paket Apple Music lainnya dibanderol lebih mahal, yakni Student, Individual, dan Family yang masing-masing senilai 6 dollar AS (Rp 95.000), 11 dollar AS (Rp 175.000), dan 17 dollar AS (Rp 270.000).

Di lamannya, Apple menyebutkan bahwa paket langganan Voice di Apple Music dihentikan mulai November 2023. Pelanggan Voice masih bisa menggunakan layanan dari paket tersebut sampai akhir masa billing, tapi perpanjangan otomatisnya sudah dihentikan.  

Voice sempat menjadi paket langganan termurah di Apple Music, seperti terlihat dalam laman Apple yang disimpan oleh Web Archive ini Apple Voice sempat menjadi paket langganan termurah di Apple Music, seperti terlihat dalam laman Apple yang disimpan oleh Web Archive ini

Alasan di balik penghentian paket Voice tidak dijelaskan. Apple mengimbau pelanggan Voice agar beralih ke paket lainnya. Dengan dihentikannya Voice, paket Apple Music termurah kini adalah Student dengan kisaran harga 6 dollar AS per bulan di Amerika Serikat.

Selain tiga paket Student, Individual, dan Family, Apple juga memberi opsi langganan lain bernama Apple One.

Apple One adalah paket langganan beberapa layanan sekaligus yang mencakup Apple Music, Apple TV Plus, dan lainnya, seperti dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (2/11/2023).

Baca juga: Apple Music dan Apple Maps Punya Fitur untuk Cari Konser

Banderol harga Apple One tentu lebih tinggi ketimbang harga langganan tanpa bundling. Biayanya dimulai dari paket Perorangan seharga 19,95 dollar AS (Rp 316.000), Keluarga 25,95 dollar AS (Rp 411.000), hingga paket Premiere 37,95 dollar AS (Rp 601.000).

Sementara itu, harga langganan Apple Music di Indonesia lebih murah ketimbang wilayah AS. Berdasarkan keterangan di situs Apple, Untuk paket Apple Music tanpa bundling, paket Pelajar dipatok seharga Rp 35.000, Perorangan Rp 55.000, dan Family Rp 85.000 per bulan.

Sementara itu, bundling Apple One di Indonesia dihargai Rp 149.000 untuk paket Perorangan, Rp 199.000 untuk Keluarga, dan paket Premiere senilai Rp 319.000.

Sejarah paket Apple Music Voice, andalkan perintah suara ke Siri

Apple pertama kali memperkenalkan paket Voice pada 2021 lalu. Sesuai namanya, keunggulan dari paket berlangganan ini adalah pengendaliannya yang mengandalkan perintah suara lewat asisten digital Siri di perangkat Apple.

Voice awalnya hanya tersedia untuk negara-negara tertentu, seperti Hong Kong, India, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Taiwan, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Apple Music Rilis Replay 2023 untuk Pantau Daftar Lagu Favorit Pengguna

Pelanggan paket Apple Music Voice dapat mendengarkan musik di mobil atau di rumah dengan menyebut trek lagu yang ingin diputar. Siri akan menjalankan perintah suara tersebut berdasarkan permintaan.

Kendati begitu, lantaran harganya yang paling murah, paket ini memiliki cukup banyak keterbatasan. Misalnya, pelanggan Voice tidak bisa mengunduh musik secara offline untuk didengar tanpa koneksi internet.

Paket langganan Voice juga tidak mendukung fitur Audio Spasial untuk meningkatkan pengalaman mendengar musik secara premium. Keterbatasan-keterbatasan Voice mungkin membuat paket langganan Apple Music ini kurang diminati oleh konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com