Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Umumkan M3, M3 Pro, dan M3 Max, Chip Fabrikasi 3 Nm untuk iMac dan MacBook

Kompas.com - 31/10/2023, 09:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Peta Pixel

KOMPAS.com - Dalam acara Apple Event bertema "Scary Fast" yang digelar pada Senin (30/10/2023) sore Amerika Serikat atau Selasa (31/10/2023) pagi WIB, Apple mengumumkan jajaran chip terbarunya yang akan mentenagai perangkat iMac dan MacBook.

Ada tiga chip yang diperkenalkan yaitu Apple M3, M3 Pro, dan M3 Max. Ketiga chip ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 3 nanometer (nm), pertama bagi Apple. Pada generasi sebelumnya di M2 Series, Apple menggunakan teknologi fabrikasi 5 nm.

Apple mengeklaim bahwa chip M3, M3 Pro, dan M3 Max adalah CPU desktop pertama yang dibuat dengan proses fabrikasi 3 nm. Jajaran chip ini akan mentenagai perangkat iMac dan MacBook terbaru Apple.

"Apple M3 merupakan chip desktop (PC) pertama di dunia yang dirancang menggunakan teknologi 3 nanometer," SVP Hardware Technologies Apple, Johny Srouji, dalam Apple Event virtual yang digelar pada pagi hari tadi.

"Teknologi ini memungkinkan chip terbaru kami hadir dengan beragam fitur anyar yang dapat meningkatkan performa dan pengalaman pengguna," imbuh Johny.

Karena dirancang menggunakan teknologi 3 nm, maka ketiga chip teranyar Apple ini diklaim lebih bertenaga dan lebih efisien atau hemat daya dari pendahulunya yang menggunakan teknologi 5 nm.

Selain itu, chip baru Apple M3 Series ini juga fokus untuk meningkatkan performa unit pengolah grafis (GPU), salah satunya dengan kehadiran teknologi baru bernama Dynamic Caching.

Teknologi ini memungkinkan chip mengalokasikan penggunaan memori GPU untuk beragam aplikasi yang berjalan secara terpisah. Dengan begitu, aplikasi yang sedang dibuka, atau game yang sedang dimainkan, bisa berjalan dengan performa maksimal.

Ada pula fitur Mesh Shading yang bisa mengakselerasi kemampuan GPU untuk menampilkan efek visual yang kompleks, serta dukungan GPU untuk menampilkan efek pantulan cahaya mumpuni alias Ray Tracing pertama kalinya di chip Apple.

Meski memiliki teknologi baru berbeda, ketiga chip Apple M3, M3 Pro, dan M3 Max ini masing-masing memiliki konfigurasi berbeda.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro dengan Chip M3, Harga mulai Rp 25 Juta

Chip Apple M3

Ilustrasi desain Apple M3.Apple Ilustrasi desain Apple M3.
Chip Apple M3 terdiri dari 25 miliar transistor, lebih banyak dari Apple M2 yang memiliki 20 miliar transistor.

Chip ini memiliki prosesor (CPU) dengan jumlah inti mencapai delapan inti (8-core), GPU dengan jumlah inti mencapai sepuluh inti (10-core), dan memori terintegrasi (unified memory) dengan kapasitas mencapai 24 GB.

Apple mengeklaim CPU M3 35 persen lebih cepat dari Apple M1 dan GPU-nya 65 persen lebih mumpuni dari Apple M1.

Chip Apple M3 Pro

Ilustrasi desain Apple M3 Pro.Apple Ilustrasi desain Apple M3 Pro.
Apple M3 Pro terdiri dari 37 miliar transistor, lebih sedikit dari M2 Pro yang memiliki 40 miliar transistor. Chip ini lebih bertenaga dan efisien dibanding M2 Pro, lantaran sudah menggunakan teknologi fabrikasi 3 nm.

Chip ini memiliki dua belas inti (12-core) CPU, delapan belas inti (18-core) GPU, serta unified memory dengan kapasitas hingga 36 GB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com