Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melampirkan File di Gmail dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 04/11/2023, 12:33 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna dalam mengoperasikan Gmail. Adapun salah satu panduan dasar itu cara melampirkan file di Gmail. Sebagai informasi, Gmail merupakan layanan e-mail dari Google.

Baca juga: 5 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

Gmail dibekali dengan segudang fitur yang memudahkan pengguna dalam mengirim e-mail, salah satunya adalah fitur Lampiran atau Attach. Fitur Lampiran itu memungkinkan pengguna untuk mengirim e-mail dengan disertai file atau dokumen tambahan.

Ada banyak jenis file yang bisa dilampirkan pengguna di e-mail Gmail. Beberapa di antaranya seperti dokumen berformat DOC, dokumen PDF, foto JPG, gambar PNG, file audio MP3, dan masih banyak lagi.

Melampirkan file pada Gmail dibutuhkan dalam berbagai aktivitas. Misalnya, dalam melamar pekerjaan, pengguna biasanya akan diminta untuk melampirkan file-file persyaratan lamaran kerja di e-mail.

Dengan adanya kebutuhan seperti itu, pengguna penting untuk mengetahui cara membuat lampiran di Gmail. Pengguna yang terbiasa mengoperasikan Gmail mungkin sudah memahami langkah-langkah untuk melampirkan file di Gmail.

Akan tetapi, pengguna yang baru belajar mengoperasikan Gmail bisa jadi belum mengertahui langkah-langkah tersebut. Jika belum mengetahui, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap langkah-langkah untuk melampirkan file di Gmail.

Baca juga: 4 Cara Ganti Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

Cara melampirkan file di Gmail

Lantas, bagaimana cara membuat e-mail dengan lampiran di Gmail? Cara melampirkan file di Gmail itu sejatinya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengetuk opsi “Attach” yang terdapat pada jendela pembuatan e-mail di Gmail.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal langkah-langkah untuk melampirkan file di Gmail adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail dan pastikan telah login akun.
  • Selanjutnya, klik menu “Compose” untuk mulai membuat e-mail baru.
  • Setelah e-mail baru dibuat, pengguna bisa klik opsi “Attach” yang berada di bawah jendela pembuatan e-mail. Opsi ini dilambangkan dengan ikon klip kertas.
    Ilustrasi cara melampirkan file di Gmail.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melampirkan file di Gmail.
  • Sesudah opsi itu diklik, Gmail bakal membuka galeri perangkat pengguna.
  • Pengguna bisa memilih beberapa file yang hendak dilampirkan di e-mail Gmail.
  • Selanjutnya, file yang dipilih bakal terunggah di Gmail menjadi lampiran pada e-mail.
  • Setelah terunggah, pengguna bisa mengirim e-mail yang telah disertai lampiran tersebut.

Ilustrasi cara mengirim e-mail dengan lampiran di Gmail.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengirim e-mail dengan lampiran di Gmail.

Cukup mudah bukan cara mengirim e-mail dengan lampiran di Gmail? Lewat cara di atas, pengguna bisa mengirim e-mail yang disertai dengan file lampiran di Gmail dengan mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhan pekerjaan.

Baca juga: Cara Hapus Semua E-mail Gmail Sekaligus dengan Cepat dan Mudah

Sebagai informasi tambahan, pengguna bisa melampirkan file dengan ukuran maksimal sebesar 25 MB dalam satu e-mail di Gmail. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara melampirkan file di Gmail dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com