Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Microsoft Outlook? Ini Pengertian, Fitur-fitur, serta Kegunaannya

Kompas.com - 05/11/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Outlook merupakan salah satu program Microsoft Office yang juga sering digunakan untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan, layaknya Microsoft Word, Excel, Power Point, dan lainnya.

Outlook sendiri berfungsi untuk mengirim dan menerima e-mail. Kendati tak sepopuler program lainnya, Microsoft Outlook memudahkan pengguna mengatur jadwal meeting, sampai pengelolaan kontak

Nah apa saja fitur-fitur Microsoft Outlook dan fungsinya? Selengkapnya berikut ini uraian mengenai pengertian, fungsi, dan fitur-fiturnya.

Baca juga: Microsoft Outlook Diretas, Hacker Bisa Intip Isi E-mail

Pengertian Microsoft Outlook

Dilansir dari Tech Target, Microsoft Outlook merupakan program e-mail yang sering digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail.

Dengan Outlook, Anda bisa mengakses e-mail dari server Microsoft Exchange. Selain itu, Outlook juga memiliki fitur-fitur untuk mengelola kontak, jadwal e-mail, dan tugas-tugas.

Pengguna bisa menggunakan Microsoft Outlook sebagai program e-mail sendiri, atau bisa mendapatkannya sebagai bagian dari paket Microsoft Office atau Office 365. Paket-paket ini juga termasuk program-program seperti Microsoft Excel dan PowerPoint.

Outlook bisa digunakan sebagai program e-mail pribadi atau oleh bisnis yang ingin menggunakannya oleh beberapa orang. Pengguna bisa menghubungkannya dengan Microsoft SharePoint untuk berbagi dokumen, catatan proyek, dan berkolaborasi dengan rekan kerja.

Kendati Microsoft Outlook berbayar, sebenarnya terdapat versi Outlook gratis yang bisa diakses lewat browser namun memiliki fitur terbatas.

Selain itu, ada versi Outlook gratis yang bisa diakses melalui browser, meskipun fiturnya terbatas. Bagi pengguna yang tidak terlalu memerlukan semua fitur, versi gratis ini bisa menjadi pilihan Anda.

Fitur-fitur Microsoft Outlook dan fungsinya

Berikut ini beberapa fitur-fitur dasar Microsoft Excel.

Berbagi kalender

Fitur Ini memungkinkan pengguna untuk membagikan jadwal dengan rekan kerja. Dengan demikian, pengguna lain dapat melihat ketersediaan rekan kerja ketika ingin menjadwalkan rapat atau kegiatan lainnya.

@Menyebutkan (mention)

Saat menulis e-mail, pengguna dapat menyebutkan pengguna lain dengan mengetik "@" dan nama pengguna tersebut. Outlook nantinya secara otomatis menambahkan pengguna tersebut ke dalam daftar e-mail, memberikan tanda khusus pada penyebutan mereka, dan memberi tahu pengguna yang disebutkan.

Penjadwalan e-mail 

Fitur penjadwalan ini memungkinkan pengguna untuk menulis e-mail terlebih dahulu dan mengatur waktu pengiriman. Dengan ini, mereka bisa merencanakan pengiriman email, bahkan jika mereka tidak ingin mengirimkannya segera.

Quicks Parts

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menyalin teks dari satu e-mail dan memasukkannya ke dalam pesan baru. Ini berguna jika pengguna perlu mengirim e-mail serupa kepada berbagai penerima.

Peringatan item baru

Ketika pesan baru masuk, Outlook akan menampilkan pemberitahuan di layar pengguna. Ini membantu pengguna untuk tidak melewatkan email penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com