Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dr. Ir. Dimitri Mahayana, M. Eng, CISA, ATD
Dosen STEI ITB & Founder Lembaga Riset Telematika Sharing Vision Indonesia

Dimitri Mahayana adalah pakar teknologi informasi komunikasi/TIK dari Bandung. Lulusan Waseda University, Jepang dan ITB. Mengabdi sebagai Dosen di STEI ITB sejak puluhan tahun silam. Juga, meneliti dan berbagi visi dunia TIK kepada ribuan profesional TIK dari ratusan BUMN dan Swasta sejak hampir 20 tahun lalu.

Bisa dihubungi di dmahayana@stei.itb.ac.id atau info@sharingvision.com

kolom

Bagaimana Perkembangan Mutakhir Aplikasi ICT? (Bagian II - Selesai)

Kompas.com - 07/11/2023, 10:43 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SELAIN superapps, Internet of Place, VR/AR, dan ChatGPT, tren aplikasi berikutnya adalah composable architecture. Yakni pendekatan arsitektur software yang memungkinkan bagian-bagian dari sistem untuk dikombinasikan dan digabungkan secara independen dan fleksibel.

Hal ini memungkinkan untuk mengembangkan, menguji, dan menyebarluaskan komponen sistem secara terpisah, sehingga memudahkan pemeliharaan dan evolusi sistem secara keseluruhan.

Baca artikel sebelumnya: Bagaimana Perkembangan Mutakhir Aplikasi ICT? (Bagian I)

Modularitas, reusabilitas serta interoperabilitas menjadi karakter utama composable architecture.

Lebih lanjut, kecepatan dan fleksibilitas pada pengembangan aplikasi, skalabilitas, efisiensi dan kemudahan berbagai pihak bergabung dalam sebuah sistem bisnis digital, - misalnya sistem pembayaran dan eCommerce- menjadi keuntungan utamanya.

Maka itu, merujuk data Gartner CIO Agenda 2022, sebanyak 80 CIO pada 2024 akan mencantumkan modular business redesign melalui composable architecture sebagai lima alasan utama mempercepat kinerja bisnis.

Adapun pendekatan terpopuler dalam composable architecture adalah microservice pada sisi back end.

Aplikasi berbasis microservice dinyatakan akan menjadi mainstream pada masa depan, dan perusahaan yang tidak dapat mengadopsinya akan lebih sulit dalam berkompetisi. Hal ini tergambar dalam survei dari API & Microservices Connectivity Report, Kong (2022).

Disebutkan, 45 perseb responden menyatakan mereka telah berpindah secara full ke distributed software architecture, 44 persen (telah mengadopsi mix architecture antara microservice dan monolithic), 10 persen (menggunakan monolithic architecture tetapi berencana pindah ke distributed architecture dalam 12 bulan ke depan), serta 1 persen (menggunakan monolithic architecture dan tidak berencana berpindah dalam 12 bulan ke depan).

Persentase itu menunjukkan tren migrasi dari monolithic architecture (arsitektur pada proses pengembangan aplikasi di mana seluruh komponen untuk membangun aplikasi menjadi satu single unit) ke microservice architecture (arsitektur pada proses pengembangan aplikasi dimana setiap fitur dikembangkan terpisah dan independen antara satu sama lain).

Terkait microservice architecture ini, kami di Sharing Vision telah melakukan survei 31 responden institusional pada tahun lalu.

Hasilnya mayoritas adalah 48 persen cukup mengetahui, 39 persen pernah mendengar tapi tidak memahami, serta 13 persen memahami. Sebanyak 45 persen responden juga mengaku sudah menerapkan microservice architecture selama 1-3 tahun terakhir.

Respoden yang belum menjawab bahwa mereka belum mengadopsi Microservice karena kurangnya keahlian/talenta yang memiliki skill serta kurangnya dukungan manajemen sebagai alasan utama.

Selain itu, composable architecture juga bisa menggunakan pendekatan Low Code/ No code Development dengan memungkinkan terciptanya solusi software yang lebih lincah dan tahan banting.

Platform low-code merupakan seperangkat tools untuk membantu developer membuat aplikasi dengan lebih cepat daripada harus membuat coding dari awal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com