Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis WatchOS 10.1.1, Atasi Bug yang Bikin Baterai Boros

Kompas.com - 08/11/2023, 16:46 WIB
Oik Yusuf,
Lely Maulida

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple menggulirkan pembaruan sistem operasi watchOS versi 10.1.1 untuk arloji pintar Apple Watch. Pembaruan ini mengatasi bug yang membuat baterai Apple Watch jadi boros.

Selain tambalan untuk masalah tersebut, watchOS 10.1.1 juga membawa sejumlah perbaikan lainnya, tetapi tidak dirinci oleh Apple.

Pembaruan watchOS 10.1.1 digulirkan Apple setelah sejumlah pengguna Apple Watch mengeluhkan baterai jam pintarnya lebih cepat habis dibanding biasanya. Masalah itu muncul khususnya setelah pengguna memasang WatchOS 10.1.

Mereka menyuarakan keluhannya lewat forum komunitas di situs web Apple Support, X (dulu Twitter), forum Reddit dan lainnya.

Masalah itu dialami oleh aneka model Apple Watch, mulai dari model lama hingga model baru. Beberapa di antaranya yang terdampak yaitu Apple Watch SE, Watch Series 5 hingga model terbaru Watch Ultra 2.

Baca juga: Apple Watch Generasi Pertama Divonis Kuno, Apa Artinya?

Salah satu pengguna di Reddit berkata bahwa baterai Apple Watch miliknya dengan WatchOS 10.1 terkuras dari 100 persen menjadi 50 persen hanya dalam waktu kurang dari 60 menit.

Di komunitas Apple Support, pengguna lainnya yang memakai Apple Watch Series 9 berkata bahwa baterai jam pintarnya terkuras dari 100 persen menjadi 35 persen hanya dalam dua jam. Hal ini terjadi setelah ia melakukan update ke watchOS 10.1.

Obat untuk iPhone tak mempan

Setelah masalah itu mencuat, Apple kemudian merilis tambalan lewat sistem operasi iPhone, iOS 17.1. Menurut Apple, pembaruan tersebut mengatasi masalah konsumsi daya meningkat, khususnya ketika smartwatch dengan WatchOS 10.1 dihubungkan ke iPhone dengan iOS 17.

Sayangnya masalah baterai Apple Watch yang terkuras tak bisa diatasi sepenuhnya oleh iOS 17.1. Pada akhirnya, Apple menggulirkan watchOS 10.1.1 untuk menyempurnakan tambalan bug yang membuat baterai smartwatch cepat habis.

Baca juga: Arloji Pintar Apple Watch Series 9 Bisa Dikendalikan Tanpa Disentuh

WatchOS 10.1.1 bisa diunduh secara gratis lewat aplikasi Apple Watch di iPhone yang menjalankan iOS 17 atau lebih tinggi. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi itu kemudian mengecek pembaruan software di menu Pengaturan aplikasi.

Sebelum menginstal pembaruan itu, pastikan Apple Watch Anda memiliki sisa baterai minimal 50 persen dan terhubung ke charger, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Rabu (8/11/2023).

Rilis bareng iOS 17.1.1

Pembaruan WatchOS 10.1.1 dirilis bersamaan dengan iOS 17.1.1. Pembaruan OS iPhone itu digulirkan Apple untuk mengatasi masalah Apple Pay dan NFC yang tidak berjalan mulus di iPhone 15, khususnya setelah ponsel diisi daya secara nirkabel.

Masalah ini atas terjadi setelah pengguna melakukan pengisian daya wireless iPhone 15 di beberapa model mobil bikinan BMW dan Toyota Supra.

Baca juga: Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max Terbaru 2023

Dengan demikian, pengguna iPhone diimbau untuk tidak menggunakan pengisian daya wireless sementara waktu, sampai Apple menggelontorkan update untuk memperbaiki bug itu.

Sejumlah pengguna iPhone juga turut mengalami masalah ketika ingin melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay. iPhone menampilkan tulisan “Could not set up Apple Pay”.

Kini kedua masalah itu bisa diatasi lewat pembaruan iOS 17.1.1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com