Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Tech Day 2023 Gelar 4 Zona Inovasi dan Teknologi Baru

Kompas.com - 09/11/2023, 17:38 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, akan menggelar pameran teknologi "Sharp Tech Day" pada 10 - 12 November 2023. Dalam ajang ini, Sharp akan memamerkan inovasi dan teknologi yang dibuat perusahaan, termasuk di bidang kecerdasan buatan (artificial inteligence/AI).

Acara yang mengusung tema "Be a Game Changer" ini digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Jurnalis Kompas.com Yudha Pratomo, turut hadir dalam acara ini atas undangan Sharp Indonesia.

Menurut Pandu Setio, PR & Brand Communication Department Sharp Electronics Indonesia, pameran teknologi ini digelar untuk memeringati hari jadi ke-111 Sharp. Sharp sendiri didirikan sejak tahun 1912.

"Pameran ini, bentuknya mirip dengan, katakanlah pameran teknologi IFA (Berlin, Jerman). Bedanya, di IFA ada banyak vendor. Di Sharp Tech Day, teknologi yang dipamerkan hanya berasal dari Sharp," kata Pandu kepada Kompas.com, Kamis (9/11/2023).

Pandu juga mengatakan bahwa pameran ini, dibuka untuk umum dan gratis. Meski demikian, ia tidak menyebut secara rinci inovasi dan teknologi baru apa saja yang akan dipamerkan Sharp dalam acara tersebut.

Kendati demikian, menurut Pandu, area pameran nantinya akan dibagi menjadi empat zona yaitu Smart Living, Smart Industry, Smart Cities, dan Sustainability. Di keempat area ini, Sharp akan memamerkan pemanfaatan AI untuk masing-masing penggunaan.

Misalnya di area Smart Living, Sharp akan memamerkan pemanfaatan AI untuk gaya hidup yang lebih baik dan cerdas bagi keluarga. Kemudian, di area Smart Industry, Sharp akan memamerkan teknologi dengan AI yang memudahkan industri.

Di area Smart Cities, Sharp akan memperlihatkan inovasi yang mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat, misalnya teknologi yang berguna saat terjadi bencana.

Baca juga: Sharp Targetkan Kuasai 5 Persen Pangsa Pasar Ponsel di Indonesia Tahun Ini

Kemudian, di area Sustainability, Sharp akan memamerkan teknologi yang menghasilkan energi terbarukan. Teknologi ini dibuat untuk mengatasi masalah lingkungan dan memberi solusi efisiensi energi.

"Di setiap zona, (Sharp) akan bekerja sama dengan mitra bisnis-nya, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman, mencoba sebuah layanan dan produk yang memiliki inovasi dalam bidang teknologi," kata Pandu.

Selain itu, menurut Pandu, di Sharp Tech Day ini, akan ada sejumlah sesi talkshow dengan pelaku industri teknologi di Jepang. Sesi talkshow ini biasanya dimanfaatkan oleh mahasiswa dan para pencari kerja untuk mendapat informasi dan kesempatan berjejaring.

Baca juga: Sharp Fokus Jual Smartphone Flagship di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com