Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Setop Ekstensi Browser untuk Outlook, Ini Alternatifnya

Kompas.com - 14/11/2023, 17:02 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Microsoft akan meyetop dukungan ekstensi Outlook di peramban (browser) mulai 30 November mendatang.

Penghentian ini akan berdampak pada pengguna Microsoft 365 Personal ataupun pelanggan Microsoft 365 Family, khususnya yang menggunakan layanan e-mail Outlook dengan nama domain yang dikustomisasi.

Baca juga: Cara Menambah E-mail di Microsoft Outlook dengan Mudah dan Praktis

Namun,  setelah melewati tanggal 30 November 2023, pengguna reguler ataupun berlangganan tidak akan dapat mengakses, mengunduh, ataupun menggunakan ekstensi Outlook di Microsoft Edge atau Google Chrome.

Menjelang penutupan dukungan, pengguna bisa mempersiapkan diri mencari alternatif, misalnya beralih menggunakan aplikasi Outlook yang memiliki fitur lebih lengkap ketimbang ekstensi browser.

Seperti yang dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (14/11/2023), alternatif lainnya adalah menggunakan Outlook berbasis web dari peramban manapun. Hanya perlu login dengan akun Microsoft yang sudah terdaftar.

Selain itu, khusus pengguna Edge, fitur Sidebar yang dapat menampilkan fitur-fitur Outlook dan akan terus didukung Microsoft juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti ekstensi peramban.

Apa itu ekstensi Outlook di peramban dan fungsinya

Ekstensi Outlook merupakan tools yang bisa dipasang di peramban untuk memudahkan pengguna mengakses akun e-mail Outlook secara langsung lewat browser.

Dengan mengeklik ekstensi yang sudah terpasang di peramban, pengguna bisa langsung mengakses e-mail, kalendar, kontak, dengan lebih cepat tanpa harus beralih ke aplikasi yang berbeda.

Baca juga: Cara Menggunakan Microsoft Outlook, Mulai Setting Akun hingga Kirim E-mail

Ilustrasi dukungan ekstensi Outook di Microsoft EdgeWindows Ilustrasi dukungan ekstensi Outook di Microsoft Edge

Ekstensi Outlook dapat digunakan untuk membaca, mengirim, mengelola email, hingga menerima notifikasi email yang masuk.

Pengguna juga bisa mengakses akun kerja ataupun pribadi, membuat acara (event/pertemuan) tertentu, meninjau aktivitas yang akan datang, bergabung dalam rapat online, melacak/mengelola tugas, hingga mengelola kontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com