Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kegunaan Microsoft Outlook, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 05/11/2023, 11:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui kegunaan Microsoft Outlook atau biasa disebut Outlook saja. Sebab, pengetahuan tersebut dapat mempermudah pengguna yang hendak belajar mengoperasikan Microsoft Outlook.

Pengguna dapat mengoperasikan Microsoft Outlook dengan optimal jika mengetahui kegunaannya. Pengguna yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Outlook mungkin sudah mengetahui fungsinya.

Baca juga: 10 Fungsi E-mail dalam Kehidupan Sehari-hari dan Cara Kerjanya

Akan tetapi, tak semua pengguna telah memahami fungsi Outlook, terutama pengguna yang baru ingin belajar mengoperasikannya. Jika baru belajar dan belum tahu fungsi Outlook, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap kegunaan Microsoft Outlook. Lantas, apa kegunaan Microsoft Outlook? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai fungsi Outlook.

Fungsi Microsoft Outlook

Perlu diketahui, Microsoft Outlook merupakan salah satu layanan e-mail pengguna (klien e-mail) yang cukup populer dipakai saat ini untuk berbagai keperluan, baik penggunaan pribadi maupun bisnis.

Microsoft Outlook fleksibel untuk digunakan. Microsoft Outlook bisa dipakai untuk mengakses berbagai alamat e-mail umum, seperti Yahoo Mail, Outlook Mail, dan Gmail. Kemudian, Outlook dapat pula dipakai untuk mengakses alamat e-mail personal.

Dalam bentuk layanan, Outlook sama seperti Gmail, Yahoo Mail, dan layanan e-mail lainnya. Outlook bisa menjadi salah satu pilihan platform jika pengguna hendak mengelola dan mengakses e-mail.

Microsoft Outlook memiliki beberapa fungsi yang dapat memudahkan pengguna untuk mengeloa e-mail. Adapun beberapa kegunaan Microsoft Outlook yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Mengirim dan menerima e-mail

Kegunaan Microsoft Outlook yang pertama adalah memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima e-mail. Pengguna bisa membuat e-mail langsung di Outlook dan mengirimnya ke pengguna lain, serta bisa menerima pesan yang dikirim pengguna.

2. Mengelola e-mail dari beberapa akun

Outlook dapat digunakan untuk mengelola e-mail yang terdapat pada beberapa akun. Di Outlook, pengguna bisa login dengan beberapa akun sekaligus. Dengan demikian, pengguna bisa mengelola e-mail yang ada di dalamnya secara berbarengan.

3. Mengelola jadwal

Outlook dapat digunakan untuk mengelola jadwal atas sebuah pertemuan atau janji yang bakal digelar. Pengguna bisa menambahkan jadwal acara di Outlook dan membuat janji pertemuan dengan pengguna lain.

4. Mengelola kontak

Outlook memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola kontak mereka, termasuk informasi kontak penting seperti alamat e-mail, nomor telepon, alamat rumah atau kantor, dan informasi lainnya.

5. Membuat daftar tugas dan catatan

Outlook memungkinkan pengguna untuk membuat daftar tugas yang hendak dikerjakan secara terstruktur. Kemudian, Outlook juga memungkinkan pengguna untuk membuat catatan untuk mendokumentasikan informasi penting.

6. Mengatur rapat

Kegunaan Microsoft Outlook yang berikutnya adalah dapat digunakan untuk mengatur rapat. Outlook memungkinkan pengguna untuk mengundang pengguna lain agar bergabung ke sebuah pertemuan atau rapat yang telah dijadwalkan.

7. Manajemen Tugas

Outlook memungkinkan pengguna untuk mengatur tugas berdasarkan prioritas, tenggat waktu, dan kategori tertentu, sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola pekerjaan sehari-hari mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com