Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Bikin Video Fancam Pas Konser biar Tetap Bagus

Kompas.com - 15/11/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menonton konser penonton tentu tidak diizinkan untuk membawa kamera. Maka dari itu kamera ponsel menjadi andalan para fans merekam suasana konser dan idolanya.

Hasil rekaman konser dari para fans ini biasa dibagikan ke media sosial dan bisa dinikmati pengikut atau pengguna lain. Hasil rekaman ini juga biasa disebut dengan Fancam.

Dilansir dari Clip Champ, Fancam sendiri adalah jenis video yang menunjukkan kumpulan cuplikan singkat dari seorang selebriti atau musisi selama pertunjukan langsung, konser, atau penampilan publik.

Video ini dibuat oleh para penggemar dan diambil dari berbagai sudut pandang. Biasanya video fancam sangat populer di kalangan penggemar K-Pop di Twitter.

Bedanya dengan video biasa di media sosial adalah bahwa fancam direkam oleh penonton, menunjukkan kekaguman mereka, dan hanya fokus pada satu selebriti atau anggota grup dalam satu waktu.

Nah bagi Anda yang tak sabar membuat fancam idola, selengkapnya KompasTekno merangkum beberapa tips membuat fancam agar tetap ciamik.

Baca juga: Posisi dan View Nonton Konser Coldplay GBK Bisa Dicek lewat Google Maps serta TikTok

Menggunakan kamera dengan resolusi maksimal

Salah satu kunci utama dalam fancam adalah menggunakan resolusi kamera ponsel yang maksimal. Hal ini membantu Anda untuk menangkap bidikan idola lebih maksimal dengan berbagai situasi cahaya.

Saat menonton konser intensitas cahaya di area tidak selalu terang atau seimbang, maka dari itu menggunakan ponsel dengan resolusi maksimal jadi pilihan utama. Salah satunya HP konser yang pernah diulas KompasTekno yaitu Samsung Galaxy S23.

Ponsel ini memiliki point and shoot dengan kamera 200 MP (1x), kamera telefoto 10 MP (3x dan 10x), serta kamera ultrawide 12 MP. Anda bisa menyimak ulasan Samsung Galaxy S23 dalam konser di artikel “Pakai "HP Konser 2023" tapi Hasil Foto-Video Kurang Bagus, Ini Trik Biar Fokus dan Tajam

Mengunci fokus

Setiap kamera ponsel umumnya memiliki pengaturan fokus. Apabila ponsel Anda memiliki fitur mengunci fokus, maka Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membidik area panggung lebih tepat. Untuk mengunci fokus, pengguna hanya mengklik obyek foto/video di layar.

Nantinya akan muncul lingkaran putih dengan ikon gembok terbuka. Selanjutnya klik ikon gembok. Bila gembok sudah menutup dan lingkaran berubah menjadi kuning, itu artinya fokus sudah terkunci.

Pengguna tinggal memencet tombol shutter atau tombol rekam video. Usahakan obyek selalu berada di dalam lingkaran kuning agar fokus tetap terjaga. Ini dilakukan pada ponsel Samsung Galaxy S23, bisa jadi sedikit berbeda pada pengaturan ponsel lain.

Turunkan tingkat pencahayaan (exposure)

Untuk menjaga agar cahaya yang ditangkap kamera lebih ideal, Anda bisa mencoba untuk menurunkan exposure pada paling rendah saat merekam. Metode ini bisa membantu kamera bisa menangkan suasana konser dan foto idola dengan bagus, fokus, dan tajam.

Cara menurunkan exposure mirip seperti mengunci fokus. Pengguna tinggal klik obyek foto/video di layar. Nanti akan muncul ikon matahari di bawah lingkaran putih dengan ikon gembok terbuka.

Pengguna bisa menurunkan tingkat pencahayaan dengan menggeser ikon matahari ke arah kiri hingga mentok. Cobalah menggunakna trik ini untuk membuat fancam lebih bagus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com