Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Rilis Fitur untuk Simpan Musik Langsung ke Spotify dkk

Kompas.com - 16/11/2023, 07:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna TikTok semakin mudah mendengarkan musik favoritnya di aplikasi streaming musik. Hal ini berkat diluncurkannya fitur baru "Add to music app" (tambahkan ke aplikasi musik).

Dengan fitur baru Add to Music App, pengguna TikTok dapat menyimpan lagu yang disukainya di TikTok langsung ke aplikasi streaming musik populer. Dalam tahap awal, aplikasi streaming musik yang didukung meliputi Spotify, Apple Music, dan Amazon Music.

Dengan fitur ini, pengguna tak perlu repot-repot membuka aplikasi streaming musik, mengetik nama musisi/judul lagu secara manual untuk mendengarkan kembali lagu bagus yang dijumpai di TikTok.

Menu "Add to music app" akan muncul di dekat judul lagu yang biasa ada di posisi paling bawah konten di halaman For You Page (FYP). Fitur yang sama juga bakal muncul ketika pengguna mengeklik judul lagu. Menu "Add to music app" akan berada tepat disebelah "Add to favorites".

Setelah klik menu "Add to music app", pengguna bisa memilih salah satu aplikasi streaming musik untuk dijadikan pilihan default. Untuk saat ini, fitur ini baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan Inggris.

Baca juga: 3 Tips Upload Video TikTok Tidak Pecah dan Kualitas Tinggi

Dengan fitur baru Add to music app TikTok, pengguna bisa menyimpan lagu favorit dari TikTok kei playlist ?Liked Songs? (lagu yang disukai) di Spotify. Spotify Dengan fitur baru Add to music app TikTok, pengguna bisa menyimpan lagu favorit dari TikTok kei playlist ?Liked Songs? (lagu yang disukai) di Spotify.
Untuk Spotify, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di AS dan Inggris gratisan maupun berbayar mulai 14 November 2023. Nantinya, lagu dari TikTok akan tersimpan di playlist “Liked Songs” (lagu yang disukai).

Spotify mengatakan bahwa fitur "Add to music app" TikTok ini akan hadir untuk pengguna di pasar lain seiring berjalannya waktu.

Untuk pengguna Amazon Music di AS dan Inggris, lagu favorit TikTok akan ditambahkan ke playlist “TikTok Songs” atau playlist lain pilihan pengguna.

Berbeda dengan Spotify, fitur "Add music to app" ini hanya bisa dinikmati pelanggan Amazon Prime dan pelanggan Amazon Music Unlimited. Pun, hanya pelanggan berbayar Apple Music yang bisa menikmati fitur ini di TikTok.

Menurut laporan TechCrunch, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (16/11/2023), kehadiran fitur baru "Add to music app" hadir ini seperti memperkuat posisi TikTok sebagai faktor pemengaruh di tangga lagu musik teratas dan penemuan artis/musisi baru.

Pengaruh TikTok di industri musik juga terlihat juga dapat dirasakan dalam desain ulang aplikasi Spotify. Awal tahun ini, Spotify menghadirkan laman feed penemuan instan untuk musik dan podcast dengan desain terinspirasi dari "swipe up" TikTok.

Baca juga: Cara agar Video TikTok Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri HP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com