Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Jawab Rumor Kehadiran Ponsel Lipat Versi Murah

Kompas.com - 16/11/2023, 18:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Sejumlah rumor di dunia maya mengatakan bahwa Samsung tengah menyiapkan ponsel lipat dengan harga lebih murah agar perangkat tersebut kian masif di semua kalangan pengguna.

Kabar itu kini dipatahkan oleh Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut membantah rencana pembuatan ponsel lipat murah atau kelas menengah tahun depan.

Menurut juru bicara Samsung Electronics, Samsung tidak punya rencana membuat ponsel lipat murah.

"(Samsung) Tidak akan memproduksi ponsel lipat dengan harga kelas menengah, dan rumor belakangan ini tidak berdasar," ujar juru bicara Samsung Electronics kepada outlet media Korea.

Adapun rumor soal smartphone lipat murah dari Samsung di antaranya muncul dari firma riset pasar TrendForce dan keterangan rahasia yang dikutip pembocor gadget (tipster) Tech_Reve di X (dulu Twitter).

Menurut TrendForce, Samsung bakal merilis smartphone lipat kelas menengah pada tahun depan. Sementara itu menurut Tech_Reve, smartphone lipat murah Samsung bakal dibanderol sekitar 400 dollar Amerika Serikat (AS) hingga 500 dollar AS (sekitar Rp 6,2 juta - Rp 7,7 juta).

Baca juga: Rumor Galaxy Z FE Menyeruak, HP Lipat Samsung Versi Murah?

Harga tersebut hampir setara dengan harga Samsung A54 yang rilis global Maret lalu. Di Indonesia, ponsel ini dibanderol Rp 6,4 juta untuk varian RAM 8/256 GB.

Terlepas dari bantahan di atas, juru bicara Samsung juga berkata bahwa "Belum ada keputusan mengenai hal ini".

Hal ini bisa diterjemahkan bahwa Samsung menganggap ponsel lipat murah sebagai perangkat yang masih jauh dari kenyataan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Kamis (16/11/2023).

Rumor kehadiran Samsung Galaxy Z FE

Selain rumor di atas Tech_Reve juga pernah membagikan rumor yang menyebutkan bahwa Samsung menyiapkan Galaxy Z FE. Model ini juga disebut-sebut menjadi ponsel lipat murah Samsung.

Lini seri Galaxy FE alias "Fans Edition" selama ini memang dipakai Samsung untuk menghadirkan alternatif dari ponsel flagship-nya.

Samsung Galaxy FE series biasanya mengusung spesifikasi yang lebih rendah dibanding flagship utama, sehingga harganya dibanderol lebih murah.

Salah satu contohnya yaitu Samsung S21 FE yang spesifikasinya lebih rendah dari lini seri Samsung Galaxy S21. Kendati demikian, desainnya dibuat cukup mirip dan jeroannya masih di kategori premium/flagship.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy XCover 7, HP Tangguh yang Bisa Lepas Baterai

Menilik tradisi Samsung yang biasanya meluncurkan ponsel lipat baru di bulan Agustus. Sehingga muncul dugaan Samsung Galaxy Z Fold 6 FE atau Galaxy Z Flip 6 FE dirilis setelah Agustus 2024, atau mungkin awal 2025.

Namun, dengan adanya bantahan dari Samsung maka kecil kemungkinan ponsel lipat versi murah Samsung ini akan hadir dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com