Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil "Mobile Legends" MPLI 2023 Hari Kedua, Rebellion Zion Lolos Babak "Playoff"

Kompas.com - 17/11/2023, 10:03 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Tim e-sports profesional Indonesia, Rebellion Zion lolos ke babak penyisihan (Playoff) kompetisi Mobile Legends (MLBB) Professional League Invitational (MPLI) 2023.

Rebellion Zion (RBL) menjadi satu-satunya tim perwakilan Indonesia yang masuk babak Playoff. Kelima tim Indonesia lainnya yang mencakup Dewa United Esports, Geek Fam ID, Evos Legends, Bigetron Alpha, dan RRQ tereliminasi di babak grup (Group Stage).

RBL lolos ke babak Playoff setelah menempati peringkat kedua grup C di klasemen akhir Group Stage tepat di bawah Echo.

Peringkat ini diperoleh karena Rebellion memenangkan jatah pertandingannya pada hari terakhir Group Stage. Kala itu, Rebellion menang melawan tim Indonesia lainnya, Bigetron Alpha dalam pertandingan satu game terbaik (Best of 1/BO1).

Dalam game berdurasi 19:23 menit ini, RBL Vincentt yang bermain sebagai hero Fanny menjadi pemain kunci (Most Valuable Player/MVP) berkat performanya yang apik.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

Bigetron tumbang meski sebelumnya pernah mengalahkan RBL di turnamen nasional Mobile Legends Professional League Indonesia Season 12 (MPL S12). Bigetron pun menduduki posisi terakhir di klasemen akhir grup C MPLI 2023.

Melihat performa tim Indonesia lainnya, Dewa United Esports (peringkat tiga grup C) kalah melawan TheOhioBrothers, sedangkan Geek Fam ID (peringkat empat grup B) kalah melawan Team Falcons dan Blacklist International.

Selanjutnya, Evos Legends (peringkat tiga grup C) menang melawan Bigetron, tetapi tak lama kemudian mereka kalah saat dipertemukan dengan Echo.

RRQ  (peringkat tiga grup D) juga memenangkan pertandingannya melawan Team Flash, dan berikutnya ditumbangkan oleh See You Soon.

Sebagai pengingat, peringkat pertama dari grup A, B, C, dan D akan ditempatkan di tangga turnamen teratas (upper bracket) di Playoff MPLI 2023.

Sementara itu, tim posisi kedua masuk ke tangga turnamen terbawah (lower bracket) Playoff, dan dua tim di bawahnya akan tereliminasi dari kompetisi. Artinya, RBL melanjutkan perjuangannya di lower bracket Playoff MPLI 2023.

Baca juga: Konsol PS5 Overheat di Turnamen E-sports, Port USB Sampai Meleleh

Di babak Playoff, tim yang kalah di upper bracket nantinya akan turun ke lower bracket, sedangkan tim yang ada di lower bracket akan langsung tereliminasi jika ditumbangkan. Rebellion hanya punya satu kesempatan karena berada di lower bracket.

Match di babak Playoff mengusung format tiga game terbaik (Best of 3/BO3), kecuali untuk babak klimaks Grand Final yang membawa format lima game terbaik (Best of 5/BO5).

Selengkapnya, berikut ini klasemen akhir grup A, B, C, dan D di MPLI 2023:

Grup A

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 AP.Bren 3-0 3
2 TheOhioBrothers 2-1 2
3 Dewa United Esports 1-2 1
4 Nova Esports 0-3 0

Grup B

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 HomeBois 3-0 3
2 Blacklist International 2-1 2
3 Team Falcons 1-2 1
4 Geek Fam ID 0-3 0

Grup C

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 Echo 2-1 2
2 Rebellion Zion 2-1 2
3 Evos Legends 1-2 1
4 Bigetron Alpha 1-2 1

Grup D

Peringkat Nama tim Jumlah menang kalah match Poin
1 RSG Philippines 3-0 3
2 See You Soon 2-1 2
3 RRQ 1-2 1
4 Team Flash 0-3 0

Berdasarkan klasemen akhir di atas, maka tim yang lolos babak Playoff MPLI 2023 adalah sebagai berikut:

  1. AP.Bren (Filipina)
  2. HomeBois (Malaysia)
  3. Echo (Filipina)
  4. RSG Philippines (Filipina)
  5. TheOhioBrothers (Amerika Utara)
  6. Blacklist International (Filipina)
  7. Rebellion Zion (Indonesia)
  8. See You Soon (Kamboja)

Jadwal playoff MPLI 2023

Playoff MPLI 2023 akan dimulai hari Jumat ini (17/11/2023) mulai pukul 13.00 WIB. Rebellion Zion sendiri akan bermain melawan Blacklist International pukul 21.30 WIB malam.

RBL dan Blacklist International bakal berlaga dalam lower bracket, sehingga tim yang kalah akan tereliminasi dari MPLI 2023. Pertandingan lower bracket lainnya mempertemukan TheOhioBrothers dan See You Soon.

Upper bracket MPLI 2023 mempertandingkan AP.Bren vs RSG Philippines dan Echo vs HomeBois. Tim yang kalah di upper bracket akan turun ke lower bracket dan mendapatkan satu kesempatan untuk bertahan hidup di MPLI 2023.

Berikut ini rangkuman jadwal playoff MPLI 2023 hari ini sebagaimana dikutip KompasTekno dari Liquipedia, Jumat (17/11/2023):

Baca juga: 10 Atlet E-sports Indonesia dengan Penghasilan Terbesar, Capai Rp 7 Miliar

Jadwal pertandingan 17 November 2023

  • AP.Bren vs RSG Philippines (13.00 WIB)
  • Echo vs HomeBois (15.50 WIB)
  • TheOhioBrothers vs See You Soon (18.40 WIB)
  • Rebellion Zion vs Blacklist International (21.30 WIB)

Bila tertarik, penggemar MLBB bisa menonton keseruan MPLI 2023 secara offline di GBK Basketball Hall (berbayar, harga tiket mulai Rp 50.000), atau secara online lewat kanal YouTube OneEsports di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com