Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

T-Force Rilis 4 SSD NVMe dengan Pendingin Tipis Berbahan Graphene

Kompas.com - 22/11/2023, 16:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - T-Force, brand gaming dari pabrikan memori Team Group, memperkenalkan empat produk SSD M.2 NVMe dengan interface PCIe 4.0 x4, masing-masing bernama G70, G70 Pro, G50, dan G50 Pro.

Keunikannya, keempat SSD yang ditujukan untuk gamer ini datang dengan pendingin berupa graphene pad. Bentuknya berupa label mirip stiker yang tertempel di permukaan SSD, menutupi rangkaian chip memori dan komponen lain.

Graphene atau grafena dalam bahasa Indonesia adalah jenis material yang memiliki konduktivitas thermal 10 kali lebih tinggi dibanding tembaga, sehingga cocok digunakan sebagai penghantar panas.

Baca juga: Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Keempat SSD NVMe baru dari team terbagi menjadi dua kelas, yakni G70 dan G70 Pro yang diklaim memiliki kecepatan baca hingga 7.000 MB per detik, serta G50 dan G50 Pro dengan kecepatan baca 5.000 MB per detik.

Bedanya, G70 Pro dan G50 Pro turut dibekali DRAM berikut SLC Caching, sementara G50 dan G70 hanya memiliki SLC Caching saja sehingga kecepatan tulisnya utnuk data berukuran besar kemungkinan bisa lebih lambat.

Rangkaian empat SSD M.2 NVMe T-Force G70, G70 Pro, G50, dan G50 Pro dari TeamGroup.TeamGroup Rangkaian empat SSD M.2 NVMe T-Force G70, G70 Pro, G50, dan G50 Pro dari TeamGroup.

Controller yang digunakan di keempat SSD adalah buatan InnoGrit, tapi tidak dirinci tipe apa persisnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCFtech, Rabu (22/11/2023), khusus untuk G70 Pro, disediakan juga heatsink tambahan berbahan aluminium.

Baik G70, G70 Pro, G50, maupun G50 Pro memiliki form factor M.2 2280 dan kompatibel dengan PC maupun konsol game PlayStation 5. T-Force pun mengklaim keempatnya cocok untuk keperluan gaming.

Baca juga: Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil tapi Ngebut

Situs T-Force menyebutkan bahwa rangkaian SSD baru ini akan mulai tersedia pada akhir Desember. Namun, masih banyak informasi yang belum diungkap seperti kecepatan tulis, durability, pilihan kapasitas, ataupun harganya.

Sebelumnya, T-Force pernah menggunakan material graphene sebagai pendingin produk SSD NVMe, seperti Cardea keluaran 2017. Kala itu, T-Force mengklaim label graphene bisa mengurangi suhu SSD hingga 10 derajat Celsius.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com